Sosialisasikan USBN SD/MI, Disdikbud Kukar Targetkan Kelulusan 100 Persen

Sosialisasikan penyelenggaraan USBN SD/MI, Disdikbud Kukar yakini kelulusan capai 100 persen
Foto: Endi

Sosialisasi penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD/MI tahun pelajaran 2018/2019, digelar di aula SD Negeri 002, Tenggarong, Rabu (06/02/2019). Kegiatan ini diikuti seluruh kepala sekolah dan tenaga operator se-kecamatan Tenggarong.

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar) Tulus Sutopo, mengatakan, untuk USBN tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, waktu penyelenggaraannya pun lebih cepat dan materi yang diberikan lebih mudah.

"Sedangkan penangannya di beberapa kecamatan berbeda, dalam artian disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi yang ada. Kalau di kecamatan itu biasa bekerjasama dengan dunia usaha, maka mereka dibantu untuk bimbingan belajarnya. Ada juga TDS (Tes Daya Serap) dibantu Airlangga, " kata Tulus.

Disebutkannya, saat ini tim penyusun soal yang diambil dari guru-guru inti di Kukar akan mulai bekerja lagi setelah jeda istirahat selama  2 hari. Tim bekerja di ruangan khusus yang telah dipersiapkan Disdikbud di ruang Dinas Bidang SD.

"Guru inti ini sudah pernah dilatih dan mengikuti pelaksanaan penyusunan dan pengembangan kisi-kisi soal di kabupaten, kisi-kisi soal itu terbagi 25 persen dari Kementerian, selebihnya 75 persen yang mengembangkan kami," ujar Tulus.

Dilanjutkannya lagi, tim perumus soal adalah guru atau kepala sekolah pengajar mata pelajaran yang diujikan dalam USBN, meliputi bahasa Indonesia, matematika dan IPA.

"USBN sendiri akan digelar tanggal 22-24 April 2019 bersamaan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) tingkat SMP/MTs," bebernya.

Pada pelaksanaan USBN tingkat SD/MI mendatang, sambung Tulus, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin, sehingga target kelulusan 100 persen bisa tercapai. 

"Untuk SD saya meyakini kita akan berusaha maksimal untuk lulus 100 persen, tidak ada yang tidak lulus," cetusnya.

Berdasarkan data Disdikbud Kukar, jumlah peserta USBN SD/MI di kabupaten ini pada 2019 mencapai 14.994 orang, jika dibandingkan tahun sebelumnya, angkanya naik sebanyak 800 murid. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top