Edi Damansyah Instruksikan Pembentukan Relawan Balakar di 18 Kecamatan

Bupati Kukar Edi Damansyah instruksikan pembentukan relawan Balakar di 18 kecamatan
Foto: Endi

Bupati Kukar Edi Damansyah meminta para Camat dan unsur Muspika lainnya menghimbau masyarakat agar mewaspadai terjadinya kebakaran terutama pemukiman, hutan dan lahan  di wilayah masing-masing. 

Ia menyampaikan hal itu saat memantau pesiapan pemilu di 7 kecamatan melalui video converence,  di lantai 2 kantor Bupati Kukar, Senin (04/03/2019) kemarin.

"Karena akhir-akhir ini terus terjadi kebakaran di Kutai Kartanegara. Saya minta kepada Camat, Kepala Desa dan para Lurah untuk membentuk Barisan Relawan Kebakaran (Balakar), bagi yang sudah terbentuk supaya di inventarisir," ujarnya.

Edi menginginkan relawan Balakar dibentuk di seluruh kecamatan, kelurahan dan desa di kabupaten Kukar.

"Nanti akan kita SK kan dari kabupaten secara bertahap. Kita fasilitasi sesuai kebutuhan di lingkungan masing-masing," ucapnya.

Selanjutnya, Balakar yang nantinya dibentuk akan diberikan pelatihan melalui kerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar.

"Relawan ini bagian dari masyarakat yang ikut bersama-sama dengan jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah berkaitan dengan cegah dini kebakaran," beber Edi.

Ia pun menginstruksikan kepada para Camat untuk segera menindaklanjuti pembentukan Balakar.

"Target kita di bulan Maret ini relawan sudah terbentuk seluruhnya di 18 kecamatan, terutama di titik-titik yang padat penduduknya," tegasnya.

Edi berharap, Balakar dapat terbentuk di 193 desa dan 44 kelurahan se-Kukar. "Sehingga nanti kita bisa memfasilitasi sesuai tahapan dan sarana prasarana yang diperlukan," tandasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top