Sispamkota Digelar, Polres Kukar Tingkatkan Pengamanan Pemilu

Gelar simulasi sistem pengamanan dalam kota,  Polres Kukar tingkatkan pengamanan Pemilu 2019
Foto: Endi

Untuk memaksimalkan kesiapan pengamanan Pemilu serentak 2019, Polres Kukar menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Dalam Kota (Sispamkota), di halaman parkir stadion Rondong Demang Tenggarong, Jumat (22/03/2019). 

Simulasi yang diperagakan oleh personel Polres Kukar dari berbagai satuan ini diawali dengan masa tahapan kampanye yang diwarnai praktek bagi-bagi uang dan sembako. 

Diperagakan pula pada saat hari pencoblosan dan pengerahan patroli keamanan gabungan. Kemudian aksi Tim Alligator dari Satuan Reskrim meringkus pelaku yang mengganggu ketertiban di TPS. 

Adegan berikutnya aksi massa yang tidak puas dengan hasil Pemilu, dimana polisi melakukan pengamanan sesuai prosedur, mulai dari tindakan persuasif sampai akhirnya pembubaran massa menggunakan water canon dan tembakan gas air mata. 

Ditemui usai apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Mahakam 2019 dan Sispamkota, Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar, berharap, pelaksanaan Pemilu pada 17 April mendatang berjalan tanpa hambatan. 

Personel Polres Kukar juga memperagakan pembubaran aksi massa menggunakan gas air mata
Foto: Endi

“Kita berdoa bersama mudah-mudahan Pemilu serentak ini berjalan dengan aman, lancar, damai dan sejuk,” harapnya. 

Terkait potensi gangguan keamanan, Kapolres menyatakan, Polri akan terus meningkatkan kewaspadaan untuk menjaga kondusifitas. 

“Kami bersama seluruh stake holder yang ada, pemerintah daerah, TNI dan Polri, tetap waspada dan meningkatkan pengamanan seluruh wilayah,” ucapnya. 

Kapolres juga meminta peran aktif masyarakat agar bersama-sama menjaga situasi kamtibmas di lingkungan masing-masing. 

“Kami juga sedang menggiatkan Siskamling. Tentunya bagian garda terdepan adalah Babinsa dan Bhabinkamtibmas, itulah salah satu langkah-langkah preventif yang kami lakukan.” demikian jelasnya. (end) 

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top