Edi Minta Balakar Diberikan Pelatihan dan Bimbingan

Bupati Kukar Edi Damansyah memasangkan topi pemadam kepada perwakilan masing-masing Balakar
Foto: Endi

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, menyampaikan apresiasi atas peran Barisan Relawan Kebakaran (Balakar) di daerah ini.

Hal itu disampaikannya saat memimpin apel siaga bencana yang digelar BPBD Kukar di lapangan kawasan RSUD AM Parikesit, Tenggarong Seberang, Sabtu (04/05/2019) pagi tadi.

"Bagaimana antusiasme para generasi muda kita di lingkungan masing-masing untuk bersatu membentuk suatu kekuatan yang tergabung didalam relawan," ucapnya.

Dikatakan Edi, hampir di setiap desa/kelurahan yang ada di kecamatan - kecamatan telah terbentuk Balakar. Ia pun mendorong agar para relawan diperkuat dan dibentuk kelembagaannya.

"Kita isi sumber daya manusianya, diberikan pelatihan dan bimbingan. Secara bertahap kita penuhi sarana dan prasarananya," cetusnya.

Melalui Balakar, diharapkan kekuatan sosial masyarakat dapat terbentuk dengan difasilitasi oleh pemkab Kukar melalui BPBD serta dunia usaha.

"Saya berharap kepada teman-teman relawan, bangun terus semangat dan tekad yang kuat," pintanya.

Meski dalam keterbatasan, Edi berharap pemkab Kukar bisa mewujudkan sarana dan prasarana dalam menghadapi bencana kebakaran, terutama penyediaan hidrant di lingkungan padat penduduk.

"Paling tidak ada upaya langkah cepat infrastruktur PDAM sudah masuk ke pemukiman padat di kecamatan-kecamatan untuk mendukung sarana prasarana yang sudah dimiliki para relawan," katanya. 

Dalam kesempatan itu, Edi juga memasangkan secara simbolis 12 topi pemadam kepada perwakilan masing-masing Balakar. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top