Dinas PU Kukar Usulkan Kajian Menyeluruh dan Evaluasi Drainase di Tenggarong

Kepala Dinas PU Kukar M Yamin menyebutkan pendataan drainase di Tenggarong telah dilakukan
Foto: Endi

Dinas PU Kukar akan menyampaikan usulan ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar terkait kajian menyeluruh dan evaluasi terhadap drainase di wilayah Tenggarong.

"Dari situ bisa ditentukan apakah kita bertahan dengan drainase yang ada atau nanti kita melakukan perubahan dimensi dan perbaikan-perbaikan saluran drainase yang mengalami kerusakan," terang Kepala Dinas PU Kukar M Yamin, Jumat (14/06/2019) lalu.

Ia mengungkapkan, beberapa saluran drainase di kota Tenggarong terkoneksi ke sungai Mahakam , diantaranya Jalan Tambak Rel, Waduk Panji Sukarame, Jalan Mawar, dan Jalan Durian.

"Di Tenggarong drainasenya merupakan sistem jaringan, seperti dari Jalan Gunung Menyapa turun ke Jalan Pesut, baru ke Jalan Udang, terus keluar ke sungai Mahakam," bebernya.

Baca Juga: Saluran Drainase Dibersihkan Pasca Banjir Merendam Tenggarong

Yamin menyebutkan, pihaknya telah turun ke lapangan untuk mendata saluran drainase pasca banjir merendam kota Tenggarong pekan lalu.

"Tim Dinas PU sudah turun mendata itu semua, tinggal kita mengkompilasi semua ini, apa jangka pendek yang bisa kita lakukan dalam masa transisi," ucapnya.

Sementara untuk normalisasi sejumlah sungai yang terhubung dengan titik-titik drainase termasuk Waduk Panji Sukarame, Yamin menyebutkan jika hal itu harus menunggu hasil kajian para ahli.

"Nanti kita usulkan DRD revitalisasi waduk, karena Waduk Panji Sukarame juga mengalami pendangkalan," jelasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top