Lusa, Bupati Kukar Ikut Kibarkan Bendera di Bawah Laut Bersama Ratusan Penyelam

Bupati Kukar Edi Damansyah (tengah) sesaat sebelam melakukan latihan menyelam di Tenggarong
(Foto: Ahmad Rianto)

Memperingati HUT kemerdekaan RI ke-74, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah akan ikut mengibarkan bendera merah putih di bawah laut pada Kamis (15/08) lusa.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Balikpapan tersebut, berlokasi di perairan Muara Badak, tepatnya di dasar laut pantai Pangempang.

Diungkapkan Edi, dipilihnya pantai Pangempang yang teletak diantara kecamatan Muara Badak - Marangkayu, sebagai bagian dari upaya promosi potensi obyek wisata. "Karena saya berkomitmen bahwa obyek itu harus dipromosikan dengan baik," ujarnya.

Orang nomor satu di Kukar itu menyebutkan, lokasi pengibaran bendera merah putih berada di kedalaman sekitar 10 meter dibawah permukaan laut. Meski baru berlatih beberapa hari terakhir, namun Edi mengaku telah siap. "Saya kan biasa nyelam di kampung, terjun tiruk (melompat ke sungai dengan posisi kepala ke bawah)," katanya.

Dibandingkan laut, menyelam di sungai menurut Edi memiliki tantangan tersendiri. "Kalau di sungai kan arusnya deras, kondisinya juga tidak jernih. Kalau di laut kan terang dan stabil, jadi saya merasa tertantang," sebutnya.

Edi pun mengaku tak punya persiapan khusus selain melakukan latihan, terkecuali menyiapkan pakaian renang, mengingat dirinya memiliki ukuran tubuh besar. "Cuma nyari ukuran baju renangnya yang susah," ucapnya sembari tertawa.

Informasi yang diterima media ini, pengibaran bendera merah putih di perairan Muara Badak akan diikuti sekitar 100 hingga 150 penyelam profesional dari TNI - Polri serta komunitas penyelam di Kalimantan Timur. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top