Bupati Edi Damansyah: Berkurban Bagian Dari Upaya Mensyukuri Nikmat

Bupati Kukar Edi Damansyah menyerahkan 1 ekor sapi kepada Ketua Badan Pengelola Masjid Agung
(Foto: Istimewa)

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, berharap momentum hari raya Idul Adha 1440 H/2019 M, dapat meningkatkan semangat dan kebersamaan umat muslim di daerah ini.

Edi menyampaikan hal itu usai menunaikan sholat Ied di masjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong, Minggu (11/08). "Sehingga semangat berkurban ini dapat menjadi bagian dari kekuatan masyarakat Kutai Kartanegara," ujarnya.

Diharapkan pula, ibadah kurban yang dilaksanakan juga menjadi semangat sosial untuk berbagi ke sesama. "Melalui kurban ini merupakan bagian dari upaya kita untuk mensyukuri nikmat yang sudah diberikan kepada kita, sehingga mendapat ridho dari Allah SWT," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, atas nama Pemkab Kukar, Edi menyerahkan 1 ekor sapi kepada Ketua Badan Pengelola Masjid Agung Sultan Sulaiman, H Djuremi. "Tahun ini kita masih bisa menyampaikan (hewan kurban) kepada 18 kecamatan dan beberapa lembaga, termasuk partisipasi dari dunia usaha yang minta disalurkan ke mesjid dan mushola," imbuhnya.

Kabag Kesra Setkab Kukar Supriyanto, mengatakan, Idul Adha tahun ini, Pemkab Kukar menyalurkan 25 ekor sapi ke 18 kecamatan, termasuk Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). "Kita juga menyalurkan ke mesjid di kantor Bupati Kukar," bebernya.

Diungkapkannya, Pemkab telah menginstruksikan kepada masing-masing Camat untuk mendata warga yang berhak menerima daging hewan kurban di wilayah masing-masing. "Mudah-mudahan dari diri masyarakat tumbuh rasa betapa pentingnya berkurban," kata Supriyanto.

Penyaluran hewan kurban ini, sambungnya, disesuaikan dengan kondisi keuangan Pemkab Kukar. "Tahun lalu ada 20 ekor sapi saja, tapi di tahun ini ada 25 ekor sapi yang disalurkan. Ada peningkatan walaupun sedikit," tandasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top