Patroli Skala Besar di Kukar, Jaga Kondusifitas Jelang Pelantikan Presiden

Kapolres Kukar bersama Dandim serta puluhan personel berpatroli keliling Tenggarong
(Foto: Humas Polres Kukar/Eko)

Meski pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih peridode 2019-2024 berlangsung di gedung DPR/MPR Senayan Jakarta, Minggu (20/10), namun pengamanan juga dilaksanakan di sejumlah daerah, termasuk Kutai Kartanegara (Kukar).

Polres Kukar bersama Kodim 0906/Tenggarong melakukan langkah antisipasi gangguan keamanan dengan menggelar patroli skala besar bersama seluruh jajaran TNI-Polri serta Satpol PP, Sabtu (19/10) malam.

Usai apel, Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar bersama Dandim 0906/Tenggarong Letkol Inf Charles Alling dengan mengendarai sepeda motor matic diikuti puluhan personel dan sejumlah kendaraan roda empat berpatroli mengitari kota Tenggarong.

Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar mengatakan, rute patroli dimulai dari Jalan Wolter Monginsidi, KH Akhmad Mukhsin, Imam Bonjol, Danau Aji, Gunung Kombeng, Gunung Meratus, Kinibalu, Panjaitan, Jalan Stadion, Teratai, KH Dewantara, Diponegoro, Sudirman, dan kembali ke Mako Polres Kukar.

"Patroli dilakukan di sejumlah obyek vital seperti kantor KPU, Bawaslu, kantor Bupati, dan gedung DPRD. Kita juga memantau aktivitas keramaian masyarakat di lapangan parkir stadion Rondong Demang," bebernya.

Dandim bersama Kapolres Kukar memberikan arahan sesaat sebelum menggelar patroli
(Foto: Endi)

Tak hanya itu, bertepatan dengan hari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Polres Kukar bersama TNI juga mengamankan sejumlah agenda. Anwar pun meminta seluruh personel untuk bekerja ikhlas dan mempersiapkan fisik.

"Diantaranya Car Fee Day, kegiatan ibadah gereja, dan yang ketiga adalah sepak bola antara Persipura melawan Arema Malang. Kejadian sekecil apapun di Kutai Kartanegara akan mempengaruhi secara nasional," tegasnya.

Dandim 0906/Tenggarong Letkol Inf Charles Alling mengungkapkan, patroli skala besar bertujuan untuk menunjukkan kesiapan aparat keamanan di daerah dalam menjaga kondusifitas.

"Karena biar bagaimana pun juga kita merupakan pilar terdepan dalam mengantispasi segala bentuk ancaman. TNI-Polri terus bersinergi untuk menjaga koundusifitas wilayah di Kutai Kartanegara," ujarnya.

Terkait pengamanan obyek vital nasional yang berada di Kukar, Dandim bersama Kapolres telah menyampaikan sejumlah arahan kepada jajarannya.

"Kita memberikan petujuk-petunjuk kepada jajaran masing-masing, karena secara kelembagaan kita memiliki struktur yang jelas dari Kodim sampai ke Koramil, Polres pun sampai ke Polsek," demikian jelas Alling. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top