Pertamina Hulu Mahakam Alirkan Jargas Rumah Tangga di Muara Badak

Salah satu warga Muara Badak penerima manfaat jargas saat dikunjungi dari Kementerian ESDM dan PHM
(Foto: Humas PHM)

Sejak 17 Oktober 2019 lalu, jaringan gas rumah tangga (jargas) dialirkan perdana ke kecamatan Muara Badak, Kutai Kartanegara (Kukar), oleh PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM).

Peresmian berlangsung di aula PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS), Muara Badak, dihadiri Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementrian ESDM, Alimudin Baso, Dinas ESDM Kukar, dan perwakilan SKK Migas Kalsul.

Sedangkan Manajemen PHM diwakili oleh Vice President Field Operations Benny Sidik, serta para wakil dari manajemen PHSS, Perusahaan Gas Negara, KSO Pratiwi dan PT Tata Guna Patra.

Jargas yang dialirkan PHM selaku operator Wilayah Kerja Mahakam dengan dukungan SKK Migas dan PT Pertamina Hulu Indonesia selaku induk perusahaan, merupakan wujud dukungan terhadap program pemerintah untuk substitusi bahan bakar minyak ke gas bagi sektor rumah tangga.

PHM mengalirkan gas ke Jargas Muara Badak ini berdasarkan surat dari SKK Migas untuk mengalokasikan gas sebanyak 0,2 MMSCFD ke Jargas Kukar. 

Hal ini juga sebagai pelaksanaan Kepmen ESDM Nomor 119 tahun 2019 tentang penugasan kepada PT Pertamina (Persero) dalam Penyediaan dan Pendistribusian Gas Bumi melalui Jargas untuk Rumah Tangga Tahun Anggaran 2019. Dimana sebanyak 5 ribu Kepala Keluarga di Kukar mendapatkan sambungan jargas pada tahun ini.

VP Field Operations PHM, Benny Sidik mengatakan, PHM sangat mendukung program pengembangan jargas untuk sektor rumah tangga di Kukar sebagai wujud menjamin ketahanan energi nasional.

Ia berharap, ke depannya semakin banyak jumlah rumah tangga yang dapat menikmati manfaat dari gas yang dialirkan oleh PHM. Gas yang dialirkan ini berasal dari lapangan Tambora, Tunu, dan Sisi Nubi (TTH) melalui fasilitas TRF (Tunu Receiving Facility) yang berada di Muara Badak. (*/end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top