Diskusi Foto Jurnalistik Bersama Wartawan, PHM Hadirkan Arbain Rambey

Wartawan dari 3 kota bersama jajaran PHM dan fotografer senior Arbain Rambey usai diskusi foto jurnalistik
(Foto: Humas PHM)

Siapa yang tak kenal sosok fotografer senior di Indonesia Arbain Rambey, jurnalis yang menguasai penulisan dan fotografi itu hadir ditengah-tengah puluhan wartawan dari berbagai media dari Tenggarong, Samarinda dan Balikpapan.

Arbain hadir dalam acara yang digagas PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) sebagai pemateri presentasi dan pembahasan dalam acara bertajuk "Membuat karya foto yang memiliki nilai dan kaidah jurnalistik" di Ballroom Hotel Gran Senyiur, Balikpapan, Kamis (12/12).

Pria kelahiran 2 Juli 1961 yang pernah menjabat sebagai redaktur harian Kompas itu pun berbagi berbagai pengalaman semasa bekerja sebagai jurnalis diawal tahun 90an.

Beberapa foto jurnalistik Arbain yang pernah dimuat dalam harian terbitan Kompas di era tahun 90an serta sekelumit cerita dibaliknya juga dibagikan kepada wartawan.

Selain berbagi pengalaman, ia juga menyampaikan kiat dalam menghasilkan foto bernilai jurnalistik, diantaranya sudut pengambilan foto, serta menekankan pentingnya memahami bahasa gambar atau foto yang bercerita.

"Ada beberapa unsur foto, secara teknis bisa menggunakan auto dan manual, tapi yang utama adalah posisi, komposisi dan moment. Foto jangan garing tapi harus nendang, dan jurnalis harus memahami bahasa visual," ujarnya.

Head of Communication & External Relations Division PHM Handri Ramdhani, mengatakan, kegiatan ini merupakan program berkala dan pernah dilakukan sebelumnya semasa PT Total sekitar tahun 2000an yang juga menghadirkan Arbain Rambey.

"Ini kita lakukan supaya tetap bisa silaturahmi, tidak hanya sekedar diskusi, tapi juga ada sharing pengetahuan. Dengan adanya nara sumber ini mudah-mudahan pengetahuan dan keterampilan serta skill atau keahlian teman-teman juga bertambah," ujarnya.

Selain awak media, kata Handri, kegiatan ini diantaranya juga diikuti tim Communication & External Affair PHM yang sehari-harinya juga beraktifitas membuat liputan foto untuk sosial media PHM.

"Mudah-mudahan kita bersama teman-teman wartawan bisa sama-sama belajar bagaimana membuat foto yang baik," ucapnya.

Di sesi kedua kegiatan, masing-masing wartawan diminta untuk membuat karya foto jurnalistik dengan mengambil lokasi di sekitar jalan depan hotel Gran Senyiur, hasil foto kemudian di upload melalui sosial media (IG) dengan hastag #balikpapansoreini.

Dari sekitar 30 foto, terpilih 7 pemenang dengan 2 karya foto terbaik. Masing-masing mendapat kenang-kenangan yang diserahkan oleh Arbain Rambey, Head of Communication & External Relations Division PHM Handri Ramdhani, serta Head of Media & Communication Department PHM Weanny Hikmat. (end) 

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top