Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Kukar Gelar Rakor Operasi Lilin Mahakam 2019

Kapolres Kukar AKBP Andrias SN saat memimpin Rakor Operasi Lilin Mahakam 2019
(Foto: Humas Polres Kukar/Eko)

Menjelang Natal dan Tahun Baru, Polres Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar rapat koordinasi (rakor) Operasi Lilin Mahakam 2019, Jumat (20/12).

Rakor yang berlangsung di ruang Catur Prasetya ini dipimpin Kapolres Kukar AKBP Andrias Susanto Nugroho. Hadir Wakapolres Kukar Kompol Wiwit Adisatria, para Kabag, Kasat, dan Kapolsek jajaran. 

Hadir pula Staf Ahli Bupati Kukar Wicaksono Subagio, instansi terkait yakni Kodim 0906/Tenggarong, Satpol PP, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Senkom, MUI, dan PCNU Kukar. "Rakor ini untuk menyamakan persepsi 10 hari kedepan dalam Operasi Lilin Mahakam," ucap Kapolres Kukar AKBP Andrias Susanto Nugroho.

Dikatakannya, Operasi Lilin dilaksanakan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh umat Nasrani dalam melaksanakan ibadah Natal dan seluruh masyarakat Kukar yang akan merayakan tahun baru. "Mobilitas jelang pergantian tahun 2020 akan tinggi, karenanya diperlukan pelayanan dari TNI-Polri, instansi terkait, organisasi masyarakat seperti Senkom dan Banser," ujar Andrias.

Rakor juga bertujuan untuk meminta saran dan pendapat dari berbagai instansi terkait, sehingga kegiatan operasi dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. "Kita bersinergi menyatukan hati dan pikiran untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kutai Kartanegara," sambungnya.

Kepada seluruh Kapolsek jajaran Polres Kukar, Andrias meminta agar berkoordinasi dengan Muspika setempat untuk menghimbau masyarakat melalui pamflet dan sejenisnya. "Bersama-sama dapat menghimbau kepada masyarakat khususnya di kabupaten Kutai Kartanegara untuk bersama menjaga kamtibmas," cetusnya.

Dalam paparannya, Kabag Ops Polres Kukar Kompol Boney Wahyu Wicaksono, menyebutkan data Laka Lantas dari tahun 2017 dan 2018 relatif menurun, namun angka meninggal dunia di tahun 2019 relatif meningkat.

Ia meminta semua pihak dapat berperan dalam melaksanakan tugas dengan baik melalui cipta kondisi bersama dalam mencegah aksi-aksi swiping dari masyarakat untuk menghentikan kegiatan yang tidak sesuai dengan agenda Natal tahun 2019 dan Tahun Baru 2020 yang dapat menimbukan tindak kejahatan.

Untuk mengantisipasi terjadinya tindak kriminal, Polres Kukar akan menurunkan personil Bhabinkamtibmas dibantu anggota Babinsa untuk dapat melakukan patroli rutin serta mendata rumah kosong yang ditinggalkan pemiliknya pada libur Natal dan Tahun Baru. "Sedangkan untuk daerah rawan terjadi kemacetan, kami akan dibantu personil Dishub," jelas Boney. 

Sebagai informasi, Operasi Lilin merupakan operasi kemanusiaan yang akan digelar serentak diseluruh tanah air mulai 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top