353 ODP di Kukar, 31 Diantaranya Selesai Isolasi, Kadinkes: Jalankan Physical Distancing

Kadinkes Kukar Martina Yulianti meminta ODP yang telah selesai diisoalsi jalankan physical distancing
(Foto: Endi)

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Kartanegara (Kukar) merilis data terbaru angka sebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), di 18 kecamatan, Rabu (01/04) siang.

Tak ada penambahan pasien positif COVID-19, dua pasien terkonfirmasi yang diisolasi di RSUD AM Parikesit kondisinya membaik. Bahkan tes swab yang dilakukan sebanyak dua kali menunjukkan hasil negatif.

Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 12 orang, dengam rincian 11 orang menjalani isolasi di sejumlah rumah sakit dan 1 orang telah selesai menjalani isolasi.

Sedangkan data status Orang Dalam Pemantauan (ODP) terdapat kenaikan di 14 kecamatan, dimana Tenggarong ada 90 orang, Loa Kulu 13 orang, Loa Janan 26 orang, Anggana 14 orang, Muara Badak 43 orang, Marangkayu 19 orang, Muara Jawa 3 orang dan Samboja  18 orang.

Selanjutnya Tenggarong Seberang 30 orang, Sebulu 36 orang orang, Muara Kaman 8 orang, Kota Bangun 13 orang, Muara Muntai 7 orang, serta Tabang 8 orang.

Sementara di kecamatan Muara Wis turun menjadi 6 orang. Sisanya Sanga-Sanga masih 10 orang, Kembang Janggut 6 orang dan Kenohan 3 orang.

Jika dirincikan, total ODP sebanyak 353 orang, 322 orang menjalani isolasi, dan 31 selesai menjalani isolasi.

"ODP yang sudah selesai masa isolasi bukan berarti bebas, tapi memang sudah tidak harus menjalankan lagi protokol isolasi mandiri, tapi tetap saja semua menjalankan phsyical distancing," terang Kepala Dinkes (Kadinkes) Kukar dr Martina Yulianti, di media center COVID-19 Kukar.

Dikatakannya, meski telah selesai menjalani isolasi, ODP tersebut belumlah bisa dikatakan sembuh. Sebab bila seseorang dinyatakan sembuh adalah yang telah terkonfirmasi positif.

"Kemudian diulang dua kali bertutut-turut (tes) negatif, baru kita mengatakan itu sembuh. Orang Dalam Pemantauan tidak dilakukan pemeriksaan swab dan vcr atau dalam istilah kedokteran memeriksa kadar virusnya," jelas Yuli. (end)

Baca JugaUpdate Corona Kukar 31 Maret: 2 Positif, 10 PDP, 318 ODP

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top