Penambahan 4 Kasus Positif COVID-19 di Kukar, 3 Diantaranya Satu Keluarga

Jubir gugus tugas COVID-19 Kukar Martina Yulianti umumkan tambahan 4 kasus per 31 Mei 2020
(Foto: Endi)

Penambahan 4 kasus terkonfirmasi positif corona di Kutai Kartanegara (Kukar) diumumkan pada Minggu (31/05) sore.

Melalui zoom meeting, juru bicara percepatan penanganan COVID-19 Kukar Martina Yulianti, mengatakan, sehari sebelumnya terdapat 1 kasus terkonfirmasi positif dan 3 lagi pada hari ini.

"Yang pertama adalah KK-47, jenis kelamin laki-laki, usia 44 tahun berasal dari Kecamatan Muara Jawa dan merupakan karyawan sebuah perusahaan swasta. Pernah dilakukan rapid test secara mandiri tanggal 12 dan 22 Mei 2020 dengan hasil non reaktif. Namun PCR dari swab tenggorok yang juga dilakukan secara mandiri 29 Mei 2020 hasilnya terkonfirmasi positif," bebernya.

Kedua, KK-48, laki-laki, usia 58 tahun dari Kecamatan Loa Janan Ulu. Dilakukan rapid test dengan hasil reaktif. Pemeriksaan PCR dari swab tenggorok tanggal 30 Mei 2020 dengan hasil terkonfirmasi positif.

"Kemudian KK-49, jenis kelamin perempuan, usia 56 tahun dari Kecamatan Loa Janan Ulu. Dilakukan rapid test dengan hasil reaktif. Pemeriksaan PCR dari swab tenggorok tanggal 30 Mei 2020 dengan hasil terkonfirmasi positif. Ini kenapa cepat hasilnya, karena PCR dilakukan di Samarinda," kata Yuli.

Keempat KK-50, laki-laki, usia 26 tahun dari Kecamatan Loa Janan Ulu. Dilakukan rapid test dengan hasil reaktif. Pemeriksaan PCR dari swab tenggorok tanggal 30 Mei 2020 dengan hasil terkonfirmasi positif.

"KK-47 sedang menjalani masa karantina di Wisma Atlet. Sedangkan KK-48,49,50 adalah satu keluarga dalam satu rumah dan sedang menjalani masa karantina di RS Bapelkes Samarinda," jelasnya.

Dari penambahan 4 kasus positif ini, Yuli belum bisa merincikan lebih lanjut terkait riwayat perjalanan masing-masing pasien.

"Sedang kita tracing, jadi saya tidak bisa menyampaikan riwayat perjalanannya lebih detail," sambungnya.

Dengan demikian, kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kukar sejumlah 50 orang, dimana  11 orang sedang menjalani perawatan yakni 8 orang di Asrama Atlet Tenggarong Seberang dan 3 lagi di RS Bapelkes Samarinda, sedangkan kasus sembuh sebanyak 39 orang.

"Kita sedang menunggu hasil swab pada hari Selasa (lusa). Mudah-mudahan ada kabar baik terkait dengan hal ini," demikian jelas Yuli. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top