Hasil Tes Kesehatan Bapaslon Edi Damansyah - Rendi Solihin Telah Memenuhi Syarat

Ketua KPU Kukar Erlyando Saputra mengumumkan hasil tes kesehatan Bapaslon Pilkada 2020
(Foto: Candra)

Bakal pasangan calon (Bapaslon) Edi Damansyah - Rendi Solihin telah menjalani rangkaian tes kesehatan  di RSUD AM Parikesit. Hasilnya diumumkan oleh KPU Kukar usai pleno, Rabu (16/09/2020) sore.

Baca JugaBapaslon Edi Damansyah - Rendi Solihin Jalani Rangkaian Pemeriksaan Kesehatan

Ketua KPU Kukar Erlyando Saputra dalam keterangan persnya mengatakan, pemeriksaan kesehatan sebagai salah satu syarat untuk maju dalam Pilkada melibatkan beberapa institusi.

"Ada 3 institusi atau kelembagaan yang melakukan proses tersebut, yaitu IDI (Ikatan Dokter Indonesia), Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kaltim dan HIMPSI (Himpunan Phisikologi Indonesia)," katanya.

Berdasarkan rapat pleno, hasil tes kesehatan Bapaslon Edi Damansyah - Rendi Solihin dinyatakan telah memenuhi syarat oleh tim kesehatan dan berita acara terkait hal itu telah diserahkan ke KPU Kukar.

"Hasil pleno dari tim pemeriksa terkait dengan salah satu tahapan dalam pencalonan Pilkada yaitu tes kesehatan yang melingkupi, jasmani, rohani dan kejiwaan," beber Erlyando.

Setelah lolos tes kesehatan, Bapaslon Edi Damansyah - Rendi Solihin akan mengikuti tahapan berikutnya.

"Dari hasil ini selanjutnya masuk ke tahapan yang sebenarnya sedang berjalan terkait proses administrasi syarat calon," sambungnya.

Sementara itu perwakilan IDI Kukar dr Rajdiman menyebutkan, rangkaian pemeriksaan mengacu pada juknis (petunjuk teknis).

"Itu sudah kita serahkan ke KPU dan juga pasangan calon, kira-kira ada 8 jam pemeriksaan, baik pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan mental," ungkapnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top