Haul Jamak Para Sultan Kutai Digelar Jelang Hari jadi Kota Tenggarong Ke-238

Plt Bupati Kukar Chairil Anwar menyampaikan sambutan pada haul jamak para sultan Kutai
(Foto: Dokpim)


Meski ditengah pandemi COVID-19, peringatan hari jadi kota Tenggarong ke-238 tahun ini tetap berlangsung khidmat, salah satu rangkaian kegiatan yakni haul jamak para raja kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Haul dengan menerapkan protokol kesehatan ini dipimpin Habib H Abdul Qadir Al Hasni dan dilangsungkan di Rumah Besar tempat kediaman kerabat Kesultanan Kutai di kawasan Jalan Ahmad Yani, Tenggarong, Minggu (27/09/2020) pagi tadi.

Dalam haul ini, Plt Bupati Kukar Chairil Anwar menyampaikan sekilas sejarah kota Tenggarong yang didirikan oleh Sultan Aji Muhammad Muslihuddin gelar Aji Imbut (1780-1816 M) pada tanggal 28 September 1782 M silam. 

Disampaikan pula oleh Chairil, jika haul jamak para Sultan dan pejabat-pejabat di lingkungan Pemkab Kukar telah menjadi tradisi Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martapura jelang peringatan Hari Jadi Kota Tenggarong.

"Maka dapat dikatakan acara ini diharapkan sebagai washilah pahala kepada para Sultan yang telah berjasa membangun Kota Tenggarong dan memberi manfaat kepada masyarakat banyak," ujarnya.

Dihadapan perwakilan unsur Forkopimda, sejumlah pejabat Pemkab Kukar dan kerabat kesultanan, Chairil mengajak untuk bersama-sama memanjatkan doa atas jasa para Sultan yang telah berjasa pada masa Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura berdiri.

"Oleh karena itu, marilah kita doakan semoga para Sultan dan para pejabat yang telah berjasa dalam membangun Kota Tenggarong mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT," ucapnya.

Atas nama pemerintah daerah, Chairil berharap dihari jadi kota yang berjuluk Kota Raja ini kedepan perkembangannya dapat menjadi lebih baik lagi.

"Dan semakin sukses sebagai wilayah penyangga Calon Ibu Kota Negara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur," tandasnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top