Semarakkan Hari Kesehatan Nasional, Kelurahan Melayu Gelar Lomba Antar RT

Lurah Melayu Adhi Fadellah sampaikan surat edaran lomba RT menyambut Hari Kesehatan Nasional
(Foto: Istimewa) 


Lomba Rukun Tetangga (RT) digelar di Kelurahan Melayu, Kecamatan Tenggarong. Lomba ini dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional pada 12 November 2020 mendatang.

Kegiatan lomba yang disampaikan melalui surat edaran Nomor 140/44/KLM-PEMT/10/2020 tanggal 15 Oktober 2020 itu mengusung tema "Gerakan Pola Hidup Bersih dan Sehat Untuk Pencegahan Penularan Pandemi COVID-19 di Kelurahan Melayu".

"Sehubungan dengan kegiatan tersebut, kami menginstruksikan kepada seluruh Ketua RT untuk mempersiapkan salah satu kawasan di wilayah RT sebagai tempat penilaian lomba," terang Lurah Melayu Adhi Fadellah.

Lanjutnya, setiap RT harus menunjukkan kreatifitas dan inovasinya dalam menyemarakkan Hari Kesehatan Nasional.

"Waktu pelaksanaan lomba dilaksanakan selama 2 minggu yakni dari 20 Oktober sampai dengan 03 November 2020. Sedangkan kegiatan penilaian akan dilaksanakan dari tanggal 04 sampai 06 November 2020," ujar Adhi.

Panitia lomba Aditiya Rakhman mengatakan, kriteria atau indikator penilaian meliputi adanya pos jaga gerbang RT untuk memantau mobilitas warga. Tersedia sarana cuci tangan dengan air mengalir dan sabun di rumah-rumah warga, tempat-tempat umum serta rumah ibadah.

"Melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin dan mengoptimalkan penggunaan lahan halaman rumah untuk menanam Tanaman Obat Keluarga (Toga) serta menyiapkan penanganan logistik untuk kepentingan apabila ada warga yang diisolasi mandiri di rumah," jelasnya.

Tersedia pula media edukasi/himbauan di wilayah RT terkait pencegahan penularan COVID-19 yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan (4 M) dan memasangnya di tempat-tempat umum.

"Mengutamakan K3 (Kebersihan, keindahan dan kerapian lingkungan) dengan memperhatikan kebersihan tempat sampah dan selokan serta penghijauan dan kerapian tata lingkungan," kata Aditiya.

Ia menambahkan, Kelurahan dan Tim Penilai akan memilih Juara I, II, III dan Juara Harapan I, II, III.

"Masing-masing disediakan uang pembinaan dan piala dengan total hadiah sebesar Rp 20 juta," demikian disampaikannya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top