Edi - Rendi Unggul 74,9 Persen Berdasarkan Hasil Hitung Cepat

Edi Damansyah - Rendi Solihin dan Tim Pemenangan menggelar press conference hitung cepat
(Foto: Endi)

Tim Data Edi Damansyah - Rendi Solihin menyampaikan hasil perhitungan cepat atau Quick Count (QC) Pilkada Serentak Kutai Kartanegara (Kukar) melalui press conference, Rabu (09/12/2020) malam, di cafe Benaong, Tenggarong.

Hasil hitung cepat menggunakan metodologi Systematic Random Sampling tersebut memastikan paslon tunggal Edi - Rendi unggul 74,9 persen atas kolom kosong 25,1 persen.

Efendi Hariadi selaku koordinator Tim Data Edi - Rendi mengatakan, jumlah sampel yang diperlukan agar margin of error (MoE) QC mencapai +/- 1% dan tingkat kepercayaan 95% (confidence level) maka diperlukan sampel setara dengan 35136 orang, angka tersebut setara dengan 122 TPS di Kukar yang jumlah DPT nya 488055 orang dan total TPS 1695.

"Hasil Quick Count ini bukanlah hasil resmi perhitungan Pilkada dan bukan pula hasil final Pilkada Kukar 2020, melainkan sebagai instrument pembanding atau alat kontrol terhadap hasil rekapitulasi suara yang dilakukan oleh KPU Kukar," ujarnya.

Efendi menambahkan, dengan margin of error +/- 1% maka hasil ini diprediksi tidak akan berbeda jauh dengan hasil rekapitulasi final KPU Kukar.

Edi Damansyah sendiri menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan seluruh masyarakat, serta usaha keras tim pemenangan, partai politik pengusung dan relawan di 18 kecamatan.

"Kami berharap kita tetap bersabar dan terus mengawal perhitungan secara resmi yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Kutai Kartanegara," pintanya.

Dalam kesempatan itu Edi mengajak seluruh pihak untuk meninggalkan perbedaan dan merajut kebersamaan untuk Kukar yang lebih baik.

"Yang paling utama adalah untuk meningkatkan kualitas dan harkat derajat kehidupan warga masyarakat Kutai Kartanegara," cetusnya.

Sementara itu Rendi Solihin menyampaikan jika kemenangan yang diraih adalah kemenangan seluruh masyarakat Kukar, dirinya pun mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada.

"Terima kasih banyak selama proses tahapan demi tahapan kita lalui bersama dan sampai hari ini Kutai Kartanegara bisa kita katakan sebagai Pilkada yang luar biasa dan kondusif," imbuhnya. (end)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top