Inovasi Berkelanjutan, Kunci Sukses PHM Lalui 2020


PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) dengan dukungan SKK Migas dan perusahaan induk PT Pertamina Hulu Indonesia, melewati tahun 2020 dengan kinerja produksi yang baik sesuai Rencana Program dan Anggaran (Work Program & Budget/WP&B) 2020. Meskipun sejak Maret dunia mengalami pandemi COVID-19, yang sangat berdampak pada aspek operasi maupun komersial industri hulu migas, namun tantangan berat tersebut dapat dilalui dengan terus membuat berbagai inovasi dan terobosan dalam kegiatan operasi, khususnya optimasi dalam kegiatan pengeboran di Wilayah Kerja (WK) Mahakam, tanpa mengorbankan sedikit pun aspek keselamatan kerja. 

Berbagai upaya ditempuh dalam kegiatan operasi, baik di area delta/rawa-rawa maupun lepas pantai, tujuannya agar mampu menahan laju penurunan produksi di lapangan-lapangan yang sudah mature dengan tetap menjaga keekonomian. Dalam kegiatan pengeboran, PHM kini menggunakan oil based mud SF-05 buatan Pertamina. General Manager PHM, Agus Amperianto, mengatakan, “Penggunaan SF-05 merupakan wujud sinergi antar anak perusahaan di lingkungan Pertamina, dan juga terbukti menghemat biaya lumpur pengeboran hingga 20% dibanding kondisi sebelumnya.” Selain itu, penerapan strategi maxi-drill di area delta terbukti mencatatkan rekor baru pengeboran sejauh 2.303 meter dalam tempo 24 jam di sumur TN-G473.

Dalam operasi pengeboran lepas pantai, PHM juga bersinergi dengan unit usaha Pertamina yang lain, yaitu PT Elnusa Tbk, untuk menerapkan optimasi operasi berupa penggunaan Hydraulic Workover Unit (HWU) yang kini telah dioperasikan secara luas di WK Mahakam.

Metode rigless ini untuk menggantikan fungsi rig dalam beberapa kebutuhan pengeboran (baik persiapan maupun setelah selesai) dan terbukti secara signifikan menekan biaya pengerjaan sumur.


Sebagai wilayah kerja yang sudah mature, penambahan sumur-sumur pengembangan adalah cara untuk menahan laju penurunan produksi. Namun, karena tak tersedia lagi slot untuk mengebor sumur-sumur baru, ditambah pembuatan anjungan untuk kepala sumur akan menghilangkan aspek keekonomian, para engineer di PHM berinovasi mengembangkan metode slot recovery. Dengan metode ini sumur-sumur yang sudah tidak berproduksi pada anjungan yang ada dimanfaatkan untuk mengebor sumur baru,”Dengan teknik pengeboran side-track menggunakan HWU pada sumur-sumur re-entry, dan memanfaatkan komponen selubung pengeboran dari sumur-sumur lama, PHM berhasil menjaga keekonomian sumur-sumur pengembangan,” kata Agus Amperianto.


Tahun 2020 PHM juga memperoleh berbagai penghargaan baik dari sejumlah kementerian yang merepresentasikan Pemerintah Pusat, juga penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Penganugerahan Penghargaan Keselamatan Migas Patra Nirbhaya Adinugraha 1 dari Kementerian Energi & Sumber Daya Mineral (KESDM) dan Penganugerahan Penghargaan K3 2020 Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Zero Accident Award dari Kementerian Ketenagakerjaan merupakan pengakuan atas kinerja Keselamatan Kerja PHM.

Penghargaan yang Diraih PHM Tahun Ini:
  • Keselamatan Migas Patra Nirbhaya Karya Utama dan Patra Nirbhaya Adinugraha 1 dari Kementerian Energi & Sumber Daya Mineral (KESDM)
  • Penyumbang Penerima Negara Bukan Pajak (PNBP) Migas terbesar ke-3 dari KESDM 
  • Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dan Zero Accident Award Untuk 6 Lapangan dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) 
  • Pencegahan dan Penanggulangan (P2) HIV/AIDS dari Kemenaker 
  • Proper Hijau untuk 5 lapangan (BSP, CPA, CPU, NPU, SPU) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Kandidat Proper Emas untuk Lapangan BSP 
  • Dukungan Penurunan Gas Rumah Kaca & “Zero Routine Flaring 2030“dari KESDM 
  • Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Pertama Yang Diizinkan Melaksanakan Inspeksi Secara Mandiri dari KESDM 
  • Praktik Baik Penerapan Manajemen Anti Suap dari Komisi Pencegahan Korupsi (KPK)
  • Indonesian CSR Awards Kategori Gold untuk Program Sekolah Rawa Hutan (NPU), Program Berkah Air Dondang (BSP) dan Program Nelayanku Hebat (SPU) dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan besama Badan Standarisasi Nasional dan Corporate Forum for Community Development 
  • Sertifikat ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) dengan Predikat Lulus Sempurna dari TUV NORD Indonesia 
  • IAGI Exploration Award Best People Development dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia 
  • The Best Career Development Monitoring dari SKK Migas 
  • The Best Initiative on Cost Optimization dari SKK Migas 
  • Kinerja Terbaik Pemeliharaan Fasilitas Produksi dari SKK Migas
***

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top