Ibunda Ratu Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Meninggal Dunia

Kediaman Ratu dari Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura (insert: Almarhummah)
(Foto: Istimewa)

Ratu dari Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Hj Adji Aida Amidjoyo gelar Hj Adji Ratu Prabu Ningrat meninggal dunia, Minggu (19/12/2021) pagi.

Almarhummah merupakan istri dari Almarhum Sultan Kutai ke-XX Haji Adji Muhammad (HAM) Salehoeddin II yang telah lebih dulu wafat pada 5 Agustus 2018.


Ibu dari Sultan Kutai ke-XXI HAM Arifin ini meninggal dunia dalam usia 93 tahun di RSUD AM Parikesit, Tenggarong Seberang.

Salah satu putra Almarhummah yakni HAM Khairuddin mengatakan, Ibunda Ratu yang lahir pada 29 Mei 1928 ini wafat sekitar pukul 09.45 Wita.

"Beliau dirawat sejak Rabu (15/12/2021) karena sakit," ujar pria bergelar H Adji Pangeran Hario Seoerya Adi Kesuma ini.

Jenazah kini disemayamkan di kediaman Almarhummah di Jalan S. Parman, Kelurahan Melayu, Tenggarong.

"Saat ini kami pihak keluarga dan kerabat kesultanan masih mendiskusikan untuk waktu dan prosesi pemakaman beliau," ucapnya.

Direncanakan Almarhummah akan dimakamkan berdampingan dengan sang suami Sultan HAM Salehoeddin II di pemakaman Raja-raja komplek Museum Mulawarman.

"Insya Allah jenazah Ibunda Ratu akan dimakamkan besok (Senin, Red)," sambungnya.

Sama seperti ketika Sultan HAM Salehoeddin II akan dimakamkan, nantinya jenazah Ratu Kesultanan Kutai itu akan dibawa menggunakan Damar Semuruk yakni sejenis keranda untuk mengangkat pengusungan jenazah yang dikhususkan bagi raja dan Ibu Suri.


Hingga berita ini diturunkan, sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Kukar ikut melayat dan mendoakan Almarhummah, diantaranya Sekda Kukar Sunggono, Dandim 0906/KKR Letkol Inf Charles Alling, serta Kapolres Kukar AKBP Arwin Amrih Wientama. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top