Gelar TTG VIII Tingkat Provinsi Kaltim Dihelat di Kukar 24-27 Juni Mendatang

Kadis PMD Kukar Arianto (kanan) saat menggelar rapat persiapan TTG ke VIII bersama OPD terkait
(Foto: Istimewa)

Kutai Kartanegara (Kukar) akan menjadi tuan rumah penyelenggara Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke VIII tingkat provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar Arianto, Jumat (20/05/2022) lalu, kesiapan Kukar dalam pelaksanaan kegiatan tersebut telah dilaporkan ke DPMD Provinsi Kaltim.

Gelar TTG VIII akan berlangsung pada 24-27 Juni 2022 di halaman parkir Stadion Rondong Demang, Tenggarong, dan direncanakan dibuka oleh Gubernur Kaltim Isran Noor.

Serangkaian acara yang akan digelar diantaranya seminar/lokakarya tentang penjurian Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) dan TTG, serta penilaian dan penjurian peserta lomba TTG Widyawisata.

"TTG adalah salah satu program peningkatan fungsi dari suatu alat atau sesuatu yang bisa mempermudah kegiatan masyarakat, semisal alat penguat signal, ini membantu masyarakat yang di wilayahnya signalnya lemah dan juga inovasi untuk kegiatan pertanian," jelas Arianto.

Sambungnya, pada saat acara berlangsung akan ada pameran TTG dari kabupaten/kota Se-Kaltim di masing-masing stand.

"Nanti ada tim jurinya untuk menilai yang mana sesuai dengan Teknologi Tepat Guna yang kita anggap terbaik dari seluruh kabupaten/kota," bebernya.

Momen ini pula diharapkan dapat menggaungkan alat-alat TTG hasil inovasi masyarakat di berbagai desa.

"Selama ini kan kurang gaungnya, mudah-mudahan melalui momen ini bisa menyemangati terbentuknya Posyantek di desa yang bisa mengakomodir, mengarahkan dan membina masyarakat yang punya inovasi dan kreativitas," kata Arianto.

Khusus peserta dari Kukar akan dilaksanakan seleksi tingkat kabupaten untuk mengikuti Gelar TTG. DPMD Kukar juga telah menginventarisir TTG di beberapa kecamatan seperti Tabang, Samboja, Tenggarong Seberang, Muara Muntai dan Sebulu.

"Kita kan Terbaik I di TTG ke VII. Harapan saya, tim kami ini memilih yang terbaik dan Kukar bisa menjadi yang terbaik di tingkat provinsi diantara 10 kabupaten/kota di Kaltim," cetusnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top