Jelang Keberangkatan, Calon Haji Kumpulkan Koper di Kemenag Kukar

Petugas dari Kantor Kemenag Kukar mengumpulkan koper yang telah diserahkan jamaaah calon haji
(Foto: Endi)

Tiga hari menjelang keberangkatan, jamaah calon haji (Calhaj) asal Kutai Kartanegara (Kukar) yang tergabung di kloter 5 mulai mengumpulkan koper ke Kantor Kemenag Kukar, Kamis (23/06).

Masing-masing koper diserahkan kepada panitia pemberangkatan ibadah haji. Calhaj kloter 5 sendiri akan diberangkatkan menuju embarkasi haji Balikpapan pada Minggu (26/06) nanti.

Kepala Kantor Kemenag Kukar H Nasrun yang diwakili Kepala Sub Bagian Tata Usaha H Saifullah berharap, para calhaj mematuhi aturan terkait isi koper sebagaimana ketentuan maskapai penerbangan.

"Sesuai ketentuan pihak penerbangan, koper besar itu hanya 20 kilogram maksimalnya, sedangkan tas tenteng hanya 7,5 kilogram," jelasnya.

Calhaj juga tidak diperbolehkan membawa barang-barang yang berbau menyengat, mudah meledak, hingga benda tajam.

"Nanti akan terdeteksi di embarkasi Balikpapan karena akan dicek kembali. Kami di awal-awal sudah menghimbau ketika jamaah akan mengambil koper untuk tidak membawa barang yang dilarang oleh pihak penerbangan," kata Saifullah lagi.

Kemenag Kukar memberikan batas waktu pengumpulan koper untuk calhaj kloter 5 paling lambat pada hari Sabtu (25/06) atau H-1 sebelum pemberangkatan.

"Paling lambat jam 12 siang koper sudah siap masuk ke truk pengangkutan barang dan itu sudah dipacking. Kemudian pagi hari Minggu sudah dibawa lebih awal dari jamaah yang diberangkatkan siang hari dari Tenggarong," sambungnya.

Sementara untuk koper calhaj Kukar dari kloter 7 akan dikumpulkan pada Senin (27/06) atau sehari sesudah pemberangkatan calhaj kloter 5.

"Karena hari Rabu tanggal 29 Juni itu jamaah kloter 7 sudah diberangkatkan," tutup Saifullah. (end)

Baca JugaTes PCR Calhaj Asal Kukar Dilakukan di Poli Khusus RSUD AM Parikesit

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top