Diklat Paskibraka 2023 di Kutai Kartanegara Resmi Dibuka

Pelajar dari seluruh SMA se-Kukar ikuti pembukaan pusat pendidikan dan pelatihan Paskibraka 2023
(Foto: Fairuz) 

Pembukaan pusat pendidikan dan latihan (Diklat) Paskibraka tahun 2023 di Kutai Kartanegara berlangsung di ruang serba guna kantor Bupati Kukar, Senin (31/07/2023) pagi.

Asisten II Setkab Kukar Wiyono dalam sambutannya mengatakan, para pelajar \dari berbagai Kecamatan di Kukar hari ini akan mulai mengikuti latihan persiapan menjadi Paskibraka. 

Ia pun berpesan agar para calon Paskibraka senantiasa menjaga kesehatan selama mengikuti pelatihan dengan mempersiapkan mental lahir dan batin.

"Karena anda akan tinggal di asrama, tentu saja pada awal akan merasa sangat berat dan rindu pada keluarga di rumah, akan tetapi kalian harus ingat bahwa untuk bisa sampai pada titik ini bukanlah hal yang mudah, kalian adalah orang-orang yang terpilih yang nantinya akan menjadi bagian dari sejarah pengibaran bendera merah putih," ujarnya.

Lanjut Wiyono, selain digembleng untuk menjadi pemuda-pemudi yang tangguh serta memiliki jiwa patriotisme. para calon Paskibraka akan dibimbing untuk disiplin waktu, tertib, fokus, serta belajar untuk menjadi seorang pemimpin yang bertanggung jawab. 

"Namun semua itu akan dapat dijalani dan dilewati dengan baik jika kalian ikhlas, berpikiran positif serta mengikuti semua tata tertib yang berlaku. Yakinlah apa yang kalian dapatkan pada pelatihan paskibrata ini telah akan sangat bermanfaat terutama dalam pembentukan karakter," kata dia.

Wiyono berpesan agar tetap calon Paskibraka selalu berpikiran positif, semangat dan pantang menyerah 

"Jaga selalu kebersamaan juga kekompakan karena yang ada di samping kalian lah keluarga terdekat, yakinlah bahwa kalian adalah kebanggaan sekolah daerah dan terutama keluarga kalian," tandasnya.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kukar Aji Ali menjelaskan, ada 35 orang pelajar calon Paskibraka yang akan mengikuti diklat dan ditempatkan di mess atlit komplek stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang.

"Kalau untuk tempat latihan di stadion Aji imbut dan di halaman kantor Bupati, tapi kita presentasinya lebih besar di halaman kantor Bupati karena langsung di mana mereka akan bertugas nanti," bebernya.

Calon anggota Paskibraka ini merupakan hasil seleksi tahun 2023 yang rata-rata duduk dibangku kelas 2 SMA. Sedangkan diklatnya melibatkan pelatih dari Kodim 0906/KKR sebanyak 4 orang, Polres Kukar 3 orang, serta 2 pelatih dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kukar.

"Kemudian didampingi pamong, pamong ini struktur baru, jadi pamong ini tugasnya menjembatani antara peserta didik dengan pelatih. nah di jam-jam tersendiri pamong yang memiliki tanggung jawab untuk mengawal dan menjaga adik-adiknya, mereka juga bagian daripada PPI sebanyak 8 orang," terang Ali lagi.

Kepada para pelajar yang mengikuti diklat Paskibraka untuk pertama kalinya, dirinya berharap agar fokus, konsentrasi serta menjaga kesehatan dan fisik, karena nanatinya akan melaksanakan tugas utama yakni menaikkan dan menurunkan bendera merah putih. 

"Kami berharap peran orang tua untuk memberikan doa dan dorongan, Kemudian untuk tidak mengganggu konsentrasi mereka, sehingga mereka fokus dengan apa yang menjadi tugasnya karena beban yang besar," harapnya.

Kepada para pelatih, diharapkannya dapat memberikan pelatihan secara maksimal dengan menegakkan disiplin dan aturan. kemudian menggunakan waktu selama 20 hari ini dengan sebaik-baiknya untuk melatih para calon Paskibraka.

"Sehingga pada saat proses pelaksanaannya nanti berjalan dengan lancar berjalan dan sukses,. kemudian tentunya yang kita harapkan tidak ada kesalahan-kesalahan dalam pengibaran bendera tersebut," demikian dijelaskan Ali. (mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top