Kukar Bersholawat dan Kukar Land Festival 2023 Bakal Digelar September Nanti

Wabup Rendi Solihin sampaikan keterangan pers Kukar Bersholawat dan Kukar Land Festival 2023
(Foto: Endi)

Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin memastikan perhelatan pesta adat Erau tahun ini akan lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Ini diungkapkannya saat menggelar press conference dihadapan awak media dan berbagai komunitas di Pendopo Wakil Bupati Kukar, Kamis (17/08/2023) malam.

"Kenapa harus meriah, karena bulan September banyak peristiwa penting di kota Tenggarong yang rutin kita lakukan setiap tahun, cuma kemasannya belum pernah kita atur sedemikian rupa," ungkap Rendi yang didampingi Ketua Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) Kukar Akbar Haka.

Berbagai kegiatan selama bulan September akan menyertakan tema  Erau dan HUT Kota Tenggarong, dimana sebelum pelaksanaan Erau akan diawali dengan event akbar bertajuk Kukar Bersholawat yang rencananya digelar pada 8 September mendatang.

"Kami dari awal 2023 ini sudah berproses dengan Kukar Bersholawat supaya kita bisa mendatangkan ribuan jamaah untuk hadir ke Kutai Kartanegara," ujarnya.

Kukar Bersh0lawat yang digarap oleh Bagian Kesra Setkab Kukar bekerjasama dengan Yayasan Noto Igomo akan menghadirkan Habib Ali Zainal Abidin bin Assegaf dari Pekalongan atau akrab disapa Habib Bidin.

"Tujuannya untuk membumikan sholawat di Kutai Kartanegara, artinya untuk menumbuhkan kecintaan kita terhadap sholawat, ini untuk yang pertama kali dalam rangkaian Erau dan HUT Kota Tenggarong dan dalam tahun ini ada 2 kali rencananya di bulan Oktober atau November," ucap Rendi.

Menjelang pelaksanaan Erau, kembali akan digelar sebuah event yang digadang-gadang sebagai perhelatan musik terbesar di Kalimantan yakni Kukar Land Festival pada 22-23 September dan dipastikan free ticket alias gratis.

"Ini menjawab kerinduan masyarakat Tenggarong terhadap festival yang sifatnya pastinya untuk masyarakat, apa variabelnya, ya gratis dari semua sisi, baik itu penyedian tenant untuk UMKM dimana akan ada 100 lebih UMKM didalam area Kukar Land, itu diluar pedagang-pedagang jajanan," beber Rendi.

Hal paling penting kata dia yakni target penonton pada Kukar Land Festival yang diharapkan akan dipadati puluhan ribu penonton di lokasi stage halaman kantor Bupati Kukar

"Anggap ada 50 ribu penonton yang akan hadir, sehingga 1 hari saja mereka membelanjakan uang 20 ribu berarti ada berapa miliar uang yang terputar dalam 1 hari, ini sedikit banyaknya pasti ada efeknya untuk perekonomian Kutai Kartanegara," harapnya.

Seperti pada launching guset star Kukar Land Festival, ada sederatan band terkenal yang dihadirkan, mulai dari Club Dangdut Racun,  Soegi Bornean, Tipe X, Guyon Waton, Setia Band, Maliq & D'essentials, Potret, hingga Soneta.

"Musisi-musisi terbaik Kutai Kartanegara juga akan berkolaborasi kita combine dengan artis-artis nasional. Nanti untuk acara langsung dari Dinas Pariwisata dan Kekraf Kukar yang akan menahkodai," tambah Rendi.

Sebagai informasi, kemeriahan Erau 2023 juga dirangkai dengan sederetan kegiatan dari berbagai OPD terkait diantaranya Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) yang akan menggelar lomba olahraga tradisional atau oltrad. (mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top