Kementerian Pertahanan RI Sosialiasasikan Bela Negara Bagi Perangkat Desa di Kukar

Pemberian cinderamata antara Pemkab Kukar dengan petinggi Kemhan di acara sosialisasi bela negara
(Foto: Zul/Prokom Kukar) 

Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara bagi Perangkat Desa di Kutai Kartanegara (Kukar) oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI berlangsung di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong, Selasa (12/9/2023).

Sosialisasi yang digelar selama dua hari ini disampaikan oleh Staf Ahli Menhan RI Bidang Ekonomi Mayjen TNI Piek Budyakto, Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI G Eko Sunarto.

Sosialisasi juga disampaikan oleh AKM Bid. Ekonomi Dit Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Letkol Arh Wahyu Jati Purnawan, serta Kasi Materi dan Metodologi Subdit Lingja Dit Bela Negara Ditjen Pothan Letkol Inf Hafidh Widodo.

Selain unsur Forkopimda, sejumlah Kepala OPD, Badan Kesbangpol Kukar, serta para Perangkat Desa di Kukar, acara ini juga dihadiri jajaran Badan Kesbangpol Kaltim, Diskominfo Kaltim, dan BNN Kaltim.

Staf Ahli Menhan RI Bidang Ekonomi Mayjen TNI Piek Budyakto mengatakan, kegiatan ini bagian dari upaya membangun sikap mental dan karakter bangsa, serta kegiatan tak terpisahkan dari pembangunan revolusi mental Kabinet Indonesia Bersatu.

Ia menyebut, tujuan sosialisasi ini untuk membangun dan menanamkan sikap mental serta prilaku warga negara agar senantiasa cinta tanah air, memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta memiliki kemampuan awal bela negara.

Selin itu, bela negara tak hanya identik dengan mengangkat senjata dan bertempur melawan musuh berhadap-hadapan, tapi bekerja dengan baik, disiplin diri sesuai profesi maisng-masing itu sudah membantu negara dalam hal bela negara.

"Melakukan kegiatan sebaik-baiknya sesuai profesi masing-masing dengan disiplin merupakan bela negara, ini hendaknya kita fahami dan tanamkan kepada diri dan orang-orang disekitar kita," ujarnya

Asisten I Setkab Kukar Akhmad Taufik Hidayat saat membacakan sambutan tertulis Bupati Edi Damansyah menyampaikan, kegiatan sosialisasi yang difasilitasi Badan Kesbangpol Kukar ini sangat penting guna mengatasi dan mengantisipasi ancaman yang dapat merusak tatanan kehidupan masyarakat, serta yang dapat menimbulkan terjadinya disintegrasi bangsa.

"Sosialisasi yang sarat akan nilai dasar bela negara, perlu dilaksanakan secara masif, terstruktur dan terkoordinasi melalui program pembinaan yang terintegrasi dalam keseluruhan sistem yang ada di tengah masyarakat," ucapnya.

Bela negara menjadi suatu kewajiban dasar manusia, juga merupakan suatu kehormatan bagi setiap warga negara, yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada negara dan bangsa.

"Dalam upaya bela negara, kita pelu memiliki nilai dasar bela negara, yaitu cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta kemampuan awal bela negara yaitu, kemampuan berjuang yang penuh semangat dan pantang menyerah dari para pendahulu bangsa," kata Taufik.. (*/mmbse)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top