Tenggarong Masuk Destinasi Pariwisata Nasional


Obyek Wisata Museum Mulawarman
Foto: Dokumentasi knews
kutaikartanegaranews - 15/12/2014
Berbagai objek wisata dimiliki Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Seperti Pulau Kumala, Planetarium, Waduk Panji Sukarame, Museum Kayu, Museum Mulawarman, hingga makam para raja. Selain itu berbagai event berskala lokal, nasional, hingga internasional sering digelar.

Tak heran kecamatan tersebut saat ini masuk sebagai salah satu destinasi pariwisata nasional.

"Pengembangan pariwisata di Kukar terus dilakukan. Salah satunya Kecamatan Tenggarong saat ini sudah masuk dalam destinasi pariwisata nasional. Tentunya ini menjadi prioritas pengembangan pariwisata," Kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kukar Sri Wahyuni, usai menjadi narasumber seminar penyusunan grand design pengembangan kawasan wisata unggulan, oleh Bappeda Kukar.

Menurut Sri, potensi wisata di Tenggarong sangat banyak. Salah satunya Planetarium sebagai wisata pendidikan. Di dalamnya terdapat teater tiga dimensi tanpa kacamata. Bahkan keberadaannya telah menyumbang PAD di sektor pariwisata.

"Pengembangan wisata di Kukar akan terus dilakukan dengan melakukan pengkajian potensi di kecamatan," ujarnya. Terkait grand design wisata unggulan, Sri mengatakan, kajian tersebut nantinya akan membantu pemerintah memetakan kawasan wisata. Selain itu potensi wisata akan menjadi prioritas dalam pengembangannya.

Sri mencontohkan Tenggarong, Samboja, dan Kota Bangun yang menjadi salah satu wisata nasional. Di sekitar Kota Bangun terdapat Pesut Mahakam di Danau Semayang. Potensi lainnya juga ada di Sangasanga, Muara Badak dan tidak menutup kemungkinan wisata yang ada di tiap kecamatan juga dapat dikembangkan."Saya berharap semua lintas sektor mendukung,” lanjutnya. (hmp04)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top