Kukar Bangun Jalan Alternatif, Tenggarong - Balikpapan Cuma 1,5 Jam

Peta Tenggarong - Balikpapan
Image: id.wikipedia.org

Jalan sepanjang 38 Kilometer yang menghubungkan Kelurahan Bukit Biru Kecamatan Tenggarong dengan Desa Batuah di Kecamatan Loa Janan terus dikerjakan. Pembangunan akses jalan tembus Bukit Biru menuju Batuah dimaksudkan sebagai jalan alternatif, mengingat jalan yang lama milik pemerintah pusat kondisinya rusak parah serta kerap dilanda macet.

Jalan alternatif ini dibangun untuk mempermudah akses warga Tenggarong yang ingin menuju ke Balikpapan dan sebaliknya. Pembangunan jalan menggunakan sistem penganggaran tahun jamak sejak 2013 lalu dengan alokasi dana sebesar Rp 499 Miliar dan ditargetkan akan rampung pada Mei 2015 mendatang. 

Pekan lalu, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kukar, Ahyani Fadhianur Diani menjelaskan jika jalan tersebut nantinya dibuat dua jalur dan langsung terkoneksi dengan jalur freeway Samarinda-Balikapapan. “Jika selesai, maka jarak tempuh Tenggarong ke Balikpapan lebih singkat sekitar 1,5 jam saja,“ Ungkapnya. 

Selain itu, Spesifikasi jalan pun dirancang mampu menahan beban kendaraan dengan kapasitas hingga diatas 10 ton. Ditambahkan Ahyani, Pembangunan jalan kini sudah mencapai 30 persen dan sudah masuk dalam tahap pengerasan. 

Dibangunnya akses jalan alternatif menuju Balikpapan tidak terlepas dari adanya kendala mengenai kewenangan yang tidak dimiliki oleh pemerintah daerah, dimana perbaikan jalan yang rusak disepanjang jalur menuju Loa Janan merupakan kewenangan pemerintah pusat. (ekn)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top