Perakitan Bentang Utama Jembatan Ekstra Hati-Hati


Pembangunan Jembatan Kukar Terus Dikerjakan
Foto: Ekn
Kondisi kota Tenggarong yang terus menerus diguyur hujan menjadi kendala tersendiri dalam pengerjaan perakitan jembatan kukar. Progress pekerjaan yang sudah memasuki tahap perakitan bentang utama ini  membuat bentang permukaan baja sangat licin jika terkena air, sementara target perakitan bentang utama memakan waktu 3 bulan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Kukar Budi Harsono mengatakan, kontraktor PT Hutama Karya, sudah memasang rangka pendekat (side span) hingga 12 segmen, baik dari sisi Tenggarong maupun Tenggarong Seberang sejak Desember 2014, dan sudah bertambah 5 segmen, sedangkan menuju bentang Jembatan Utama terdiri dari 30 segmen.

Menurut Budi, Perakitan rangka bentang utama dikerjakan secara bersamaan antara sisi Tenggarong dan Tenggarong Seberang. Perakitan harus dikerjakan sangat ekstra hati-hati hingga terhubung sampai ke tengah, lantaran rangka main span tersebut memiliki bobot 2.200 ton.



Jembatan yang memiliki berat 3.000 ton, dengan panjang 470 meter, dan lebar 10,5 meter ini diperkirakan akan rampung dikerjakan pada bulan Mei 2015 mendatang. Rencananya jembatan tersebut akan diresmikan Bupati Kukar pada Juni 2015. (ekn)








Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top