Rekrutmen CPNS 2015, Formasi Guru Dan Kesehatan Diutamakan


PNS Kukar
Foto: Dokumentasi BKD Kukar
kutaikartanegaranews - 13/01/2015
Jika pada tahun 2014 lalu Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kukar tidak membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil dari jalur umum dan hanya menerima calon pegawai dari jalur honorer kategori dua (K2), maka pada tahun 2015 ini BKD Kukar akan mengusulkan formasi tersebut jika pemerintah pusat membuka seleksi penerimaan dari jalur umum.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kukar HM Ridha Darmawan mengatakan, jika penerimaan CPNS jalur umum dibuka, sistem seleksinya akan lebih ketat lagi. "Untuk tes kompetensi dasar tetap menggunakan sistem Computer Asissted Test (CAT) yang telah digunakan pada 2014 lalu. Hasilnya tentunya memberikan dampak yang sangat positif yaitu meningkatnya transparansi dan meminimalisir terjadinya KKN", papar Ridha.

Menurutnya, tahun ini Pemkab akan membuka seleksi CPNS dan mengusulkan jumlah formasi ke pusat dengan mengutamakan formasi guru dan tenaga kesehatan, Walaupun telah beredar pernyataan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) di sejumlah media massa terkait moratorium CPNS yang mengecualikan tenaga guru dan kesehatan.

“Kami belum mendapat surat edaran dari MenPAN-RB soal itu,” ujar Ridha beberapa waktu lalu. Namun ia sangat mengapresiasi kebijakan pemerintah pusat tersebut. Untuk kondisi Kukar sendiri, tenaga guru dan medis baik dokter dan perawat masih sangat dibutuhkan, dan sudah seharusnya dalam seleksi CPNS, formasi ini paling diutamakan dan tidak dikenakan moratorium.

“Kedua formasi tersebut sangat membutuhkan jumlah pegawai yang banyak. Formasi yang dimoratorium adalah kebanyakan formasi yang tiap tahunnya direkrut oleh instansi seperti untuk tenaga administrasi dan jabatan sejenisnya. Itu juga yang diamanatkan oleh Presiden Joko Widodo terutama untuk masalah kepegawaian,” katanya.

Ridha menambahkan, Dalam rekrutmen nanti tenaga medis seperti dokter dan perawat adalah formasi yang paling utama. Namun ia belum bisa membeberkan berapa jumlah formasi CPNS 2015 yang akan diusulkan ke pemerintah pusat. "Tunggu saja kabar selanjutnya”, pungkasnya. (ekn)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top