10 Negara Bakal Ikut Kirab Budaya


Sebelum pelaksanaan Erau Adat Kutai dan International Folk Art Festival (EIFAF) 2015 secara resmi dibuka, 10 dari 14 negara termasuk Indonesia sebagai tuan rumah, akan terlebih dahulu menyapa masyarakat Tenggarong, Kutai Kartanegara, dalam rangkaian kegiatan Kirab Budaya yang akan berlangsung, Sabtu (06/05) mendatang.

Negara Mesir bakal hadir lagi di EIFAF 2015
Foto Dok: Endi 

“Sedangkan 3 negara lain, 2 negara datang pada tanggal 6 Juni, jadi masih on the way, dan 1 negara mungkin datangnya tengah malam atau dini hari, jadi mereka perlu istirahat karena perjalanan panjang,” ujar Sri Wahyuni, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kukar, kepada kutaikartanegaranews, Rabu (03/06) kemarin.




Dikatakan Sri, Kirab budaya ini selain diikuti Negara-negara peserta EIFAF, juga akan diikuti berbagai Paguyuban yang ada di Kukar dan ditambah 1 Lembaga seni dari Kutai Timur. Sesuai jadwal, Kirab budaya akan dimulai pada pukul 09.00 WITA, dengan rute start dari depan Gerbang Raja, melewati Jembatan Besi, kemudian melintasi Panggung kehormatan di depan Kedaton Kutai Kartanegara Ing Martadipura, dan finish dibelakang monumen Pancasila.

Selama berada di Kota Tenggarong, para peserta dari berbagai negara yang berjumlah sekitar 240 orang tersebut akan menginap di dua hotel yang ada di kota Raja, “Mereka stay di dua hotel, di Grand Elty dan Grand Fatma, Tapi kita tidak menyebutkan negaranya, ini untuk keamanan mereka,” terang Sri.

Ia melanjutkan, selama Erau berlangsung, 13 negara ini hanya berinteraksi di ruang publik, dan akan tampil di street performance setiap hari yakni Senin sampai dengan sabtu, dan libur pada hari kamis, dari pukul 16.00-17.30 WITA, di taman pedestarian bawah jembatan Kukar. Sedangkan pagelaran seni Internasional akan berlangsung setiap malam dengan konsep yang berbeda. “Kalau pagelaran seni Internasionalnya masih di tiga titik, di panggung skate park Timbau, di panggung Expo, dan di taman Ulin,” jelasnya.

Sri menambahkan, ke 13 negara yang sudah memastikan kehadirannya diantaranya, Malaysia, Korea Selatan, Amerika (Hawaii), dan Mesir, Selebihnya berasal dari benua Eropa, seperti Estonia, Slovenia, Turki, Jerman, Italia, Hungaria, serta Latvia.

“Hari ini (Red, Rabu) yang tiba ada beberapa negara, karena jadwal penerbangan tiap negara kan berbeda-beda, dan mulai tanggal 4 besok (Hari ini), tim kita akan melakukan penjemputan di bandara Sultan Sulaiman Balikpapan,” pungkasnya. (ekn)







Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top