Kemeriahan Erau Segera Berakhir


Tanpa terasa Erau Adat kutai dan International Folk Art Festival (EIFAF) 2015 akan berakhir, berbagai acara telah digelar, mulai dari Kirab Budaya, Ceremony pembukaan Erau, Expo dan pameran, Festival Kuliner, Makan Beseprah, Penampilan kesenian dari 13 negara, Olahraga tradisional dan Lomba perahu naga tingkat internasional, hingga upacara adat yang dilaksanakan oleh Kesultanan Kutai Kartanegera Ing Martadipura

Dan puncaknya hari ini, acara akan diawali dengan ritual adat mengulur naga yang dilaksanakan pada pukul 09.00 WITA, selanjutnya sepasang naga diturunkan dari keraton untuk dilepas menuju Kutai Lama, Kecamatan Anggana, Kutai Kartanegara.

Sesuai dengan Maklumat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, setelah sepasang naga diberangkatkan menuju Kutai lama, maka Belimbur atau siram-siraman air bersih baru dilaksanakan setelah Sultan Kutai, Haji Adji Mohd Salehoeddin II duduk di Rangga Titi dan memercikkan air tuli, Belimbur ini hanya diperbolehkan hingga jam 2 siang.

Kemudian pada malam harinya akan dilaksanakan upacara adat Bepelas ke VIII sekaligus pemberian gelar oleh Sultan dan kerabat di Museum Mulawarman atau Eks Keraton Kutai, Ritual ini berlangsung pada pukul 20.00 WITA. Sedangkan untuk peserta Folklore dari 13 negara, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kukar akan menggelar malam pelepasan atau Farewell Party di Pondok Jajak, Tenggarong.

Kemudian besok, Senin (15/06) pagi, Para peserta Folklore akan kembali ke tempat asalnya, sesuai dengan skedul penerbangan masing-masing negara, sedangkan di keraton, pukul 09.00-11.00 WITA akan dilaksanakan upacara adat Merebahkan Ayu sebagai prosesi tanda berakhirnya Erau. (ekn)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top