Unikarta Kunjungi Total E&P Indonesie

Civitas Akademika Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) saat berkunjung ke wilayah operasi Total E&P Indonesie di Blok Mahakam (Lapangan Handil) Central Processing Area, Kecamatan Muara Jawa, Kukar.
Foto : Dok.Humas TEPI

Rombongan Civitas Academika Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta), mengadakan kunjungan lapangan ke wilayah operasi Total E&P Indonesie (TEPI) di Blok Mahakam, tepatnya ke Lapangan Handil - Central Processing Area (CPA) di Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Selasa (15/09), Rombongan dipimpin langsung oleh Rektor Unikarta, Dr Sabran SE Msi. 

Kunjungan ini merupakan bagian dari program kerja sama TEPI dan Unikarta dalam upaya memperkenalkan kegiatan industri hulu migas, dengan melihat secara langsung berbagai aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan, khususnya yang terkait dengan kegiatan eksplorasi dan produksi.

Dalam kunjungan tersebut, Sabran menyampaikan terima kasih atas kesempatan langka dapat mengunjungi lapangan migas dan menyaksikan langsung proses produksi di Lapangan Handil-CPA. ”Bagi Unikarta, kunjungan ini merupakan kesempatan yang pertama, dan kami berharap agar kerja sama antara TEPI dan Unikarta dapat terus ditingkatkan di masa yang akan datang,” ucapnya.


Rombongan diterima oleh manajemen TEPI yang diwakili oleh Ari Kartika Dewa – Deputy Head of Division Sustainable Development & Societal Relations, serta kepala lapangan CPA, Fabrice Dang. Pada kesempatan itu Ari Kartika Dewa mengatakan, aktivitas semacam ini merupakan salah satu upaya TEPI untuk mempererat kerja sama dan transfer pengetahuan kepada dunia pendidikan maupun peningkatan potensi sumber daya manusia melalui program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) bidang pendidikan dan penelitian.


Pada kesempatan itu, rombongan Unikarta mendapatkan penjelasan mengenai kegiatan hulu migas, aspek kesehatan dan keselamatan kerja serta perlindungan lingkungan (K3LL) maupun program CSR yang dijalankan oleh TEPI. Bagian akhir kunjungan itu adalah melihat langsung fasilitas produksi CPA yang ada di area Delta Mahakam.


Untuk diketahui, Lapangan Handil ditemukan pada Maret 1974, dan mulai berproduksi pada Juli 1975. Lapangan ini berada di ujung delta Sungai Mahakam, di antara pulau-pulau berlumpur yang sebagian tertutup lapisan tebal pohon nipah. Luas lapangan ini sekitar 40 KM2 dengan cadangan minyak terletak di zona utama yang berada pada kedalaman antara 1.500 – 2.700 meter di bawah permukaan tanah.
Pada masa puncaknya, sekitar akhir tahun 1977, Lapangan Handil memproduksi minyak rata-rata 194.000 BOPD, dan total produksinya selama 40 tahun mencapai 900 juta barel (termasuk kondensat) dan lebih dari 1,879 Tcf gas alam. Saat ini dari Lapangan Handil setiap harinya diproduksi minyak sebanyak 15.000 barrel/hari dan associated gas sebanyak 30 mmscf/hari. (ekn)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top