Belasan Rumah Terbakar di Kelurahan Loa Ipuh

Petugas pemadam kebakaran dari BPBD Kukar bekerja keras memadamkan api yang menghanguskan belasan rumah termasuk tempat usaha warga di Kelurahan Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong.
Foto : Endi

Belasan rumah di Kelurahan Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), Kamis (17/08) malam, terbakar. Si jago merah menghanguskan pemukiman warga yang berada di RT 6 jalan Selendreng dan RT 9 jalan Panjaitan.

Salah satu warga RT 9, Abi, menuturkan, Api berasal dari sebuah toko bangunan milik Muhammad Muslim, Ia mengatakan peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 21.58 WITA. Melihat kobaran api yang mulai membesar, Abi bersama warga lain yang rumahnya berdekatan dengan toko tersebut langsung panik dan berusaha menyelamatkan diri serta harta benda seadanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar, Darmansyah, mengatakan, Untuk memadamkan api, Pihaknya menerjunkan 8 unit mobil pemadam serta 4 unit mobil portable. Pemadaman juga di bantu personil Polres Kukar yang mengerahkan 2 unit mobil water canon serta mesin pemadam portable milik Pramuka Kwarcab Kukar.

Lokasi kebakaran yang berdekatan dengan sungai Tenggarong ini memudahkan petugas untuk mendapatkan sumber air. 1,5 jam kemudian api berhasil dipadamkan. Sementara itu warga yang rumahnya terbakar terpaksa mengungsi.

Dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat hubungan arus pendek listrik, kejadian ini masih dalam penyelidikan petugas Polres Kukar. Hingga berita ini diturunkan belum diterima laporan adanya korban jiwa, namun menurut penuturan warga sekitar, salah satu korban kebakaran mengalami shock hingga pingsan dan harus dilarikan ke rumah sakit umum AM Parikesit. 

Data sementara yang diterima kutaikartanegaranews.com, kebakaran dilokasi padat penduduk ini menghanguskan 5 unit rumah di RT 6 dan 9 rumah  di RT 9. Belasan Kepala Keluarga (KK) harus kehilangan tempat tinggal. Kerugian diperkirakan mencapai angka milyaran rupiah, lantaran  di  tempat kejadian banyak terdapat tempat usaha warga, yakni toko, rumah sewaan, serta bengkel.  (ekn)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top