Besok, 130 Talent TKC Bakal Melenggang di Catwalk Sepanjang 3 KM

3 tema kostum yang akan digunakan oleh 130 talent Tenggarong Kutai Carnival dalam puncak pelaksanaan Festival Kota Raja Tenggarong tahun 2015.
Foto : Endi

Show time Tenggarong Kutai Carnival (TKC) akan berlangsung besok, Sabtu (10/10) siang, Pukul 13.00 WITA. Sebanyak 130 talent akan menampilkan kostum yang mengangkat tema kearifan lokal. Memasuki tahun ke-4 ini kostum yang ditampilkan bertemakan The Unique of Borneo, para talent menggunakan kostum yang dirancang sendiri sesuai tema, Yakni, Buah Bolok, Sumpit dan Pesut Mahakam

Menurut Ketua TKC Nur Fajri, Para talent nantinya dinilai oleh tim juri dari JFC (Jember Fashion Carnaval), penilaian meliputi kostum unik, Performance, Make-up, serta aksesoris terbaik. Para talent dibagi dalam 6 kelompok defile, yakni Defile Buah Bolok, Sumpit dan Pesut Mahakam, yang diikuti oleh talent dewasa dan talent kids (Anak-anak).

Perempuan yang akrab disapa Bunda ini menyebutkan, untuk kategori dewasa,  talent yang menggunakan kostum Buah Bolok sebanyak 40 orang, Sumpit 20, dan Pesut Mahakam 22 talent. Sedangkan kategori kids, Buah Bolok 20, Sumpit 16, dan Pesut Mahakam 14 talent.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kutai Kartanegara (Kukar) Sri Wahyuni mengatakan, Show time TKC merupakan puncak dari pelaksanaan Festival Kota Raja yang merupakan rangkaian dari peringatan HUT kota Tenggarong ke-233.

Jika selama 3 tahun sebelumnya pelaksanaan TKC didampingi oleh JFC, maka pada tahun ini TKC bisa dilaksanakan secara mandiri. "Pada tahun ini untuk pertama kalinya Tenggarong Kutai Carnival menyelenggarakan persiapan dan pelaksanaan show time TKC secara independent atau secara mandiri," terangnya. Ia menjelaskan, seluruh dana kegiatan bersumber dari APBD Kukar, sedangkan Disbudpar Kukar memberikan support berupa fasilitas logistik kepada manajemen TKC selaku pelaksana.

Ditambahkan Sri, jika dalam sepekan terakhir jalan menuju kantor Bupati Kukar ditutup, karena adanya setting panggung yang akan ditempati oleh 1000 undangan, maka besok, jalur di depan Kantor Bupati Kukar atau jalan Wolter Monginsidi hingga depan Gerbang Raja akan ditutup total, sebab jalur ini nantinya di lintasi carnival para talent TKC, untuk pengguna kendaraan roda dua dan empat akan dialihkan melalui jalur lain.

Untuk Run way TKC tahun ini, start dimulai dari taman pedestarian depan kantor Bupati Kukar, Para talent dewasa akan finish di depan Gerbang Raja, sedangkan talent kids finish di depan Markas Kodim 0906 Tenggarong, Total jarak catwalk atau lintasan yang akan dilalui para talent sejauh 3 Kilometer, masing-masing talent akan didampingi helper.

"Nantinya saat opening talent dewasa akan ada aksi teatrikal Sumpit kontemporer, Buah Bolok dan Pesut Mahakam, sedangkan opening talent kids ada penampilan dari Marching band dari SDN 004, serta penampilan talent senior TKC di sepanjang catwalk VIP," pungkasnya. (ekn)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top