Tahun Ini Festival Lampion dan Kamiskat Day Ditiadakan

Sejak tahun 2012 hingga 2014 rangkaian Festival Kota Raja dimeriahkan dengan pelepasan lampion ke udara, bahkan 2 kali berturut-turut Kukar mendapatkan penghargaan dari Musem Rekor Indonesia.
Foto : Dok.Humas Kutai Kartanegara

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kutai Kartanegara (Kukar), Sri Wahyuni, memastikan, jika pada penyelenggaraan Festival Kota Raja ke-4 tahun 2015 ini, tidak akan ada kegiatan lomba busana daerah khas Kutai, Kamiskat Day dan festival lampion.

"Ya tahun ini Kamiskat Day biasanya dilaksanakan oleh E.O (Event Orgaizer), tapi tahun ini mereka tidak melaksanakan, Lampion juga tahun depan Insya Allah akan kita laksanakan kembali," terang Sri kepada kutaikartanegaranews.com beberapa waktu lalu.

Festival lampion dan Kamiskat Day menurutnya biasanya memang dilaksanakan pada saat peringatan HUT kota Tenggarong yang di rangkai dengan kegiatan FKR, namun saat ini, kedua event tersebut tidak bisa terselenggara. "Tahun ini sementara tidak kita laksanakan karena kita melihat dari dukungan dana yang tidak tersedia, mudah-mudahan tahun depan bisa terlaksana dan pecah rekor MURI lagi," jelasnya.

Seperti diketahui, Pada 27 Oktober 2012, Pemkab Kukar yang kala itu dipimpin oleh Bupati Rita Widyasari, mengadakan rangkaian kegiatan FKR dengan menggelar acara bertajuk pesta langit malam di Pulau Kumala Tenggarong, sebanyak 1.500 lampion diterbangkan ke udara pada 3 tahun silam yang melibatkan berbagai komunitas.

Kemudian pada 26 Oktober 2013, Perhelatan serupa juga kembali digelar, ada sekitar 5.500 lampion yang dilepas dihalaman Kantor Bupati Kukar, bahkan tercatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI), rekor ini mengalahkan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, yang sebelumnya menerbangkan 5000 lampion.

Disusul pada 26 Oktober 2014, Dengan dukungan penuh dari Bank Kaltim selaku sponsor tunggal, Kukar kembali mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), dengan memecahkan rekor sebelumnya, yakni menerbangkan sebanyak 10.000 lampion. (ekn)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top