Kerahkan Mobil Pemadam, BPBD Kukar Ternyata Terima Laporan Palsu

Meski menurunkan sejumlah mobil pemadam kebakaran, petugas pemadam dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar tidak menemukan kepulan asap maupun kobaran api di sekitar jalan Danau Aji, Tenggarong.
Foto : Endi

Raungan sirene mobil pemadam kebakaran milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Kartanegara (Kukar), Kamis (29/10) siang, sekitar pukul 10.45 WITA, membuat warga jalan Danau Aji, Kelurahan Melayu, Kecamatan Tenggarong, berhamburan keluar rumah.

4 unit mobil pemadam terlihat berhenti di sekitar kantor Badan Pusat Statistik yang berdampingan dengan Disperindagkop Kukar, kehadiran mobil pemadam ini membuat sejumlah pegawai terkejut, tak terkecuali masyarakat yang melintasi jalan tersebut, arus jalan pun sempat dibuat macet.

Meski demikian, tidak terlihat  kepulan asap maupun kobaran api disekitarnya, Sejumlah petugas pemadam pun nampak mencari sumber api, sekitar 10 menit kemudian iring-iringan mobil pemadam dan patroli Polres Kukar meninggalkan lokasi.

Dari keterangan yang disampaikan Kepala BPBD Kukar, Darmansyah, Informasi yang mereka terima melalui telpon diduga tidak akurat, pasalnya, setelah ditelusuri di lokasi yang dilaporkan, pihaknya hanya menemukan ban bekas yang terbakar. 

Namun sebagai bentuk tanggung jawab, pihaknya segera merespon laporan yang diterima dan langsung turun ke TKP untuk melakukan pemadaman. Ia mengatakan, BPBD Kukar dalam melakukan tindakan selalu berdasarkan SOP (Standard Operating Procedure), yakni respon time 15 menit tiba di tempat kejadian.

"Laporan sekecil apapun, meskipun dikibuli, kita tidak ada masalah, yang penting selalu siap siaga, kapan pun laporan itu masuk, tapi kami menghimbau kepada masyarakat agar membuat laporan yang jelas, laporannya harus konkrit dan tidak mengada-ada, jangan mengecewakan," terang Darmasnyah.

Terkait laporan palsu ini, Darmansyah mengaku tidak akan mengambil tindakan terhadap si pelapor. Menurutnya, selama musim kemarau 3 bulan terakhir, laporan palsu baru kali pertama diterima, namun jika pada waktu-waktu sebelumnya laporan yang sama sudah beberapa kali diterima.

Untuk informasi, BPBD Kukar pada Rabu (28/10) malam, juga sempat menurunkan satuan mobil pemadam ke salah satu rumah warga di jalan Gunung Triyu Kelurahan Loa Ipuh, berkat aksi cepat tanggap petugas pemadam, api berhasil dikuasai dan hanya membakar bagian plafon rumah, sehingga tidak meluas dan menjalar ke bagian lainnya. (ekn)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top