Santri Berprestasi Asal Kukar Kunjungi 5 Negara di Asia Tenggara

Santri Ponpes Ibadurrahman, Tenggarong Seberang, Kukar, Anna Ashry Savirah El Bagis (kiri) saat berada di Ho Chin Minh City. Anna mewakili Kaltim di ajang Visitasi Pramuka Santri Internasional, bersama 44 anggota pramuka Se-Indonesia dan berkesempatan mengunjungi 5 negara di Asia Tenggara.
Foto: Anna Ashry Savirah El Bagis


Wakili Kaltim di Ajang Visitasi Pramuka Santri Internasional. 

Anna Ashry Savirah El Bagiz, Santri asal Pondok Pesantren Ibadurrahman, Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara (Kukar) berhasil terpilih mewakili Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dalam Visitasi Pramuka Santri Internasional. 

Anna bersama 44 anggota pramuka dari seluruh Indonesia dilepas secara resmi oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin beserta Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault, di Jakarta,  dan bertolak pada Sabtu (07/11) lalu.

Santri putri kelahiran 20 April 1999 ini diketahui memiliki kemampuan menguasai bahasa Inggris dan Arab dengan baik, Selain itu,  Anna juga mampu menghafal Al-Qur'an hingga 15 juz. Berkat prestasi inilah, dirinya berhasil memukau panitia penjaringan ditingkat Kabupaten dan Propinsi beberapa waktu lalu.

Visitasi Pramuka Santri Internasional berlangsung di 5 negara yakni, Vietnam, Kamboja, Thailand, Malaysia dan Singapura. Sebelumnya tim telah menuju Ho Chi Minh, Vietnam. Dan pada keesokan harinya berkunjung ke Konsulat Jenderal RI Ho Chi Minh dan menjumpai beberapa tokoh pramuka disana.

Pada Senin, (09/11), Tim menuju Phnom Penh, Kamboja dan mengunjungi Duta Besar RI di Kamboja serta Kunjungan Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Olahraga Kamboja. Berikutnya rombongan langsung bertolak ke Bangkok, Thailand dengan berbagai pertemuan yang telah diagendakan, antara lain Kunjungan ke sekolah Indonesia di Bangkok (SIB) dan National Scout Organization (NSO).

“Mereka juga berkesempatan mengunjungi tempat - tempat bersejarah seperti Kuil Emerald Buddha dan City tour ke Shamila Beach, " terang Kasi Pendidikan Diniyyah dan Pondok Pesantren (Pontren), Kemenag Kukar, H Nasrun.

Selepas itu lanjutnya, Rombongan akan mengikuti tur ke Kuala Lumpur Malaysia selama 15 jam perjalanan melewati jalur darat dan lanjut ke Singapore yang memakan waktu tempuh sekitar 8 jam. Ditambahkan Nasrun, Seluruh jadwal kunjungan akan berlangsung hingga 22 Nopember 2015 mendatang. 

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kukar, H Sulaiman, mengaku bangga dengan prestasi yang diraih Anna. Ia berharap santri-santri lain di Kukar dapat terpacu dan meningkatkan prestasi khususnya dalam bidang bahasa.

“Terbukti santri bisa mengharumkan nama kemenag sampai tingkat Internasional, dengan keberhasilan ini semoga memacu gairah dan prestasi santri lain dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab dan Inggris,” ujar Sulaiman saat menerima kunjungan tokoh Pondok Pesantren Ibadurrahman dan KUA Tenggarong Seberang.

“Selama ini mungkin saja santri-santri kita yang berada dipelosok memiliki prestasi dan potensi yang luar biasa namun tidak dapat mengikuti penyaringan di Kabupaten disebabkan dana yang tidak memadai,”sambungnya.

Sulaiman mengharapkan, Kegiatan seperti ini kedepannya bisa mendapat dukungan dalam hal segi pendanaan baik Diniyyah maupun Pontren dengan dana yang memadai, sehingga penyaringan terhadap santri berpotensi dapat terkualifikasi dengan baik dan menjangkau seluruh kalangan yang ada dipelosok. (NM/end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top