Bela Negara Libatkan Seluruh Komponen Masyarakat

Komandan Kodim 0906 Tenggarong Letkol Ari Pramana Sakti, saat membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo pada apel peringatan hari Bela Negara ke-67 di Kukar.
Foto: Hayru Abdi / Humas Kukar

Tugas bela negara bukan tanggung jawab TNI semata, tetapi melibatkan seluruh komponen masyarakat apapun profesinya, hal tersebut dikatakan Komandan Kodim 0906 Tenggarong Letkol Ari Pramana Sakti, saat membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo pada apel peringatan hari Bela Negara ke-67, dihalaman kantor bupati Kutai Kartanegara, Senin (21/12) pagi.

Ari menyampaikan, Indonesia bukan hanya menghadapi tantangan politik, kemanan dan ekonomi, namun juga menghadapi tantangan dalam mengelola kemajemukan. 

"Kemajemukan bisa menjadi kekuatan maha dahsyat jika kita mampu menjaganya dengan baik. Tugas kita semua untuk membangun dan memastikan NKRI tetap berdiri kokoh," ujarnya.

Oleh karena itu dikatakannya, dibutuhkan sumberdaya manusia yang tak hanya memiliki penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga memiliki kualitas sikap mental dan perilaku cinta tanah air dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.

Dikatakannya, kesadaran bela negara sangat penting untuk ditanamkan sebagai landasan sikap dan perilaku bangsa Indonesia, hal ini merupakan bentuk revolusi mental untuk mewujudkan ketahanan nasional. 

"Kesadaran bela negara dapat diaktulisasikan dalam peran dan profesi setiap warga negara masing-masing," ucapnya.

Untuk mengimplementasikan hak warga negara dalam pembelaaan negara, Pemerintah melalui Kementrian Pertahanan telah menyelenggarakan Program Pembentukan Kader Bela Negara, yang memliki kesadaran sikap dan perilaku menjunjung tinggi pentingnya nilai-nilai bela negara. 

Selanjutnya Presiden Joko Widodo mengajak untuk bersama-sama senantiasa berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara sesuai dengan peran dan profesi masing-masing. 

"Kesadaran bela negara tidak tumbuh sendiri, akan tetapi harus ditanamkan dan ditumbuhkembangkan sejak dini, mulailah dari diri sendiri dan keluarga," imbaunya.

Apel yang diikuti unsur TNI, POLRI, Satpol PP Kukar, Aparatur Sipil Negara, Guru, Organisasi kepemudaan, dan siswa SMA/SMK dari beberapa sekolah di Kukar tersebut, juga ditandai dengan pembacaan Ikrar Bela Negara oleh perwakilan Kader Bela Negara Kukar. Apel dihadiri Pj Bupati Kukar H Chairil Anwar bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, dan Kepala SKPD. (Hayru/End)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top