Jelang Pelaksanaan MTQ, Panitia Matangkan Persiapan

Halaman masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong menjadi arena utama MTQ Tingkat Provinsi Kaltim ke-38
Foto: Fairuz

Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat provinsi Kalimantan Timur ke-38 di kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan terus dimatangkan oleh masing-masing koordinator bidang kepanitiaan.

Wakil Ketua 4 Panitia MTQ H Bahrul, mengatakan, Persiapan pelaksanaan MTQ yang akan berlangsung dari tanggal 20-28 Mei 2016 sudah mencapai 90 persen, baik dari segi arena maupun kesiapan pembukaan nantinya.

"Saat ini panitia sudah melakukan pemasangan panggung arena utama MTQ di halaman Masjid Agung Sultan Sulaiman serta di sejumlah tempat yang akan menjadi lokasi perlombaan. Total ada 9 lokasi yang akan dipergunakan dalam MTQ nanti," ucapnya.

Menurut Bahrul, Panitia juga telah merampungkan persiapan terkait akomodasi bagi peserta MTQ."Panitia menyediakan 11 hotel dan 332 kamar untuk kafilah dari 10 Kabupaten atau kota di Kaltim yang berada di sekitar kota Tenggarong," jelasnya.

Pria yang juga menjabat Asisten IV Setkab Kukar ini menambahkan, nantinya pelaksanaan MTQ akan dirangkai dengan parade yang menampilkan adat budaya daerah masing-masing kafilah kabupaten/kota.

"Selain itu panitia juga akan memfasilitasi ekonomi kerakyatan melalui pasar UKM rakyat yang akan memasarkan produk serta kuliner khas daerah masing-masing kafilah" terangnya.

Untuk diketahui, Pada Jum'at (20/05) malam, akan digelar Tabligh Akbar dengan penceramah Syekh Ali Jaber. Kemudian Sabtu (21/05) diadakan malam Ta'aruf serta pawai Ta'aruf, Minggu (22/05), dilanjutkan pada malam harinya dengan pembukaan MTQ yang dimeriahkan dengan pagelaran tari massal. (end)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top