Cegah Narkoba, Siswa Baru MAN Tenggarong di Tes Urine

Calon siswa/siswi MAN Tenggarong saat di data untuk mengikuti tes urine yang diwajibkan pihak sekolah
Foto: Istimewa

Maraknya kasus penyalahgunaan narkotika menjadi perhatian khusus dari berbagai pihak, salah satunya Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tenggarong, Demi mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda khususnya pelajar, Sekolah ini menerapkan seleksi ketat dalam penerimaan siswa baru.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala MAN Tenggarong, Saharuddin M Pd, Menurutnya, setelah dinyatakan lulus tahapan seleksi, seluruh siswa baru yang dinyatakan diterima masuk di sekolahnya wajib mengikuti tes urine. 

"Meski sudah dinyatakan lulus, jika pada saat pelaksanaan tes urine ada siswa yang dinyatakan positif, maka siswa baru tersebut dinyatakan dibatalkan kelulusannya dan dikeluarkan dari sekolah," terangnya.

Dikatakan Saharuddin, untuk teknis pelaksanaan tes urine pihak sekolah bekerjasama dengan Puskesmas Rapak Mahang. Tes ini telah dilakukan kepada calon siswa baru yang lulus jalur tes tertulis sebanyak 64 orang, Kamis (23/06) lalu.

Ia menambahkan, MAN Tenggarong sendiri telah melaksanakan penerimaan peserta didik baru melalui dua jalur, yaitu jalur prestasi dan jalur reguler/tes akademik. 

"Pada tahun ajaran 2016/2017 ini sekolah kami menerima 237 siswa dari 430 siswa yang mendaftar yang terdiri dari jurusan IPA, IPS dan Keagamaan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Ummy Puji Astutik, menerangkan, seleksi ketat yang diterapkan MAN Tenggarong terdiri dari berbagai tahapan, mulai dari seleksi akademik, wawancara dan tes kesehatan.

"Untuk tes kesehatan, misalkan nanti ada yang pakai tato atau tindik, itu tidak akan diterima di sini. Termasuk juga yang Narkoba, ini juga bentuk dukungan kita terhadap pemerintah dalam memerangi Narkoba," bebernya. (rb/end)

Petugas medis puskesmas Rapak Mahang saat melakukan pemeriksaan urine siswa baru MAN Tenggarong
Foto: Istimewa



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top