Kebakaran di Desa Kota Bangun III, 23 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

Kebakaran di dusun Bukit Makmur, desa Kota Bangun III, Kecamatan Kota Bangun, menghanguskan 6 unit rumah
Foto: Istimewa

Hanya berselang sepekan setelah peristiwa kebakaran terjadi di desa Bukit Jering, Kecamatan Muara Kaman dan kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong, Si jago merah kembali mengamuk di Kutai Kartanegara (Kukar), tepatnya di dusun Bukit Makmur, desa Kota Bangun III (SP3) RT 12, Kecamatan Kota Bangun.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar, Kusuma Wardana, mengatakan, peristiwa yang membuat panik warga setempat itu, terjadi pada Jum'at (15/07) sekitar pukul 05.00 Wita.

"Kebakaran terjadi saat menjelang Subuh dan mengakibatkan 6 bangunan rusak berat serta 1 rumah dalam keadaan rusak ringan," terangnya melalui Plh Kasubid Operasional BPBD Kukar, HM Farid.

Untuk memadamkan api lanjutnya, BPBD Kukar menerjunkan mobil Damkar (Pemadam Kebakaran) dari Pos Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bencana, Kecamatan Kota Bangun, untuk mencegah agar api tidak menjalar ke bangunan lainnya.

"Untuk pemadaman BPBD Kukar menurunkan 1 unit Kendaraan Fire Fighter dari Pos UPT Bencana Kota Bangun, Kendaraan ini memliki kapasitas air 3000 liter. Selain itu juga diterjunkan kendaraan Fire Fighter Mini beserta perlengkapannya," ucapnya.

Selain personil Damkar BPBD Kukar sambung Farid, Pemadaman juga dibantu petugas dari Polsek Kota Bangun, TNI, relawan dan warga masyarakat di sekitar lokasi kejadian.

Beruntung dalam kejadian ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa, namun sejumlah Kepala Keluarga (KK) harus kehilangan tempat tinggal serta kehilangan harta benda."Dalam musibah ini sebanyak 8 Kepala Keluarga atau 23 jiwa menjadi korban," ujar Farid.

Penyebab kebakaran sendiri belum bisa diketahui secara pasti, Petugas kepolisian dari Polsek Kota Bangun tengah melakukan penyelidikan dengan melakukan olah tkp serta meminta keterangan dari sejumlah saksi. (end)

Usai kebakaran, warga nampak menyaksikan puing-puing bangunan yang hangus dilahap si jago merah
Foto: Istimewa

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top