Kebakaran di Maluhu Kembali Terjadi, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Satu unit rumah di kawasan RT 07 Kelurahan Maluhu hangus terbakar, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta
Foto: Istimewa

Satu unit rumah di kawasan RT 07 Kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong, hangus terbakar. Si jago merah melalap rumah milik seorang warga bernama Purnomo (55), Jum'at (15/07) dini hari tadi, sekira pukul 03.00 Wita.

Kapolres Kukar AKBP Fadillah Zulkarnaen melalui Kapolsek Tenggarong, AKP MD Djauhari, mengatakan, Kronologis kejadian berawal saat pemilik rumah mendengar teriakan dari seseorang yang melintas di Jalan Long Apari, Kelurahan Maluhu.

"Teriakan warga tersebut memberitahukan ada kebakaran yang berasal dari sebelah bengkel tepatnya di dinding kayu yang terdapat sambungan kabel listrik. Selanjutnya saudara Purnomo membangunkan saksi yakni Supardi penyewa rumah miliknya yang djadikan usaha bengkel motor," terangnya. 

Dituturkan Kapolsek, Purnomo dan saksi kemudian bersama warga sekitar berusaha memadamkan api serta menghubungi petugas pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar.

"Regu pemadam yang menerima laporan langsung mengerahkan 5 unit mobil pemadam ke lokasi kejadian, api berhasil dikuasai dan dapat dipadamkan sekitar setengah jam kemudian atau pada pukul 03.30 Wita," ucap Djauhari.

Musibah kebakaran tersebut sambungnya, tidak sampai menimbulkan korban jiwa, namun barang berharga yakni sepeda motor Ninja RR, Kulkas, Laptop dan surat-surat berharga milik korban hangus terbakar, kerugian materil ditaksir mencapai Rp 300 juta.

Ditambahkan Kapolsek, Petugas telah mengumpulkan keterangan dari saksi-saksi untuk mengetahui penyebab terjadinya kebakaran. Dugaan sementara kebakaran terjadi akibat hubungan arus pendek listrik di tempat tinggal korban.

"Berdasarkan keterangan saksi yang berada di lokasi kejadian, diketahui bahwa kebakaran diakibatkan oleh konsleting listrik pada dinding rumah yang terbuat dari kayu dan bangunan yang didominasi oleh bahan kayu hingga mengakibatkan rumah tersebut hangus terbakar," jelasnya.

Untuk diketahui, sepekan yang lalu, tepatnya hari ke-3 Idul Fitri, Jum'at (08/07) siang, satu unit rumah milik Jumrianto (42) di desa Maluhu Spontan, RT 14 Kelurahan Maluhu, juga terbakar, Petugas saat itu menemukan setrika masih tertancap stop kontak listrik diatas kasur yang diduga menjadi penyebab terjadinya kebakaran. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top