Kebakaran di Desa Kota Bangun Ulu, Kerugian Ditaksir Rp 2,5 Milyar

Kobaran api terlihat di kawasan RT 9, desa Kota Bangun Ulu, Kecamatan Kota Bangun, Kukar
Foto: Istimewa

Kebakaran hebat melanda pemukiman penduduk di kawasan RT 9, desa Kota Bangun Ulu, Kecamatan Kota Bangun, Kutai Kartanegara (Kukar), Selasa (26/07), pukul 13.30 Wita. Sebanyak 12 unit rumah rusat berat atau hangus terbakar dan 5 rumah rusak ringan.

Kapolsek Kota Bangun, Iptu Choriyan mengatakan, Berdasarkan keterangan saksi yang berada di lokasi kejadian, kebakaran terjadi diduga akibat hubungan arus pendek listrik dari rumah dinas kecamatan.

"Awalnya saksi melihat asap mengepul tinggi yang berasal dari dalam rumah dinas kecamatan yang kosong tidak ada penghuninya. Kemudian saksi berteriak dan memanggil warga sekitar untuk menghubungi pemadam kebakaran Kota Bangun," terangnya.

Untuk memadamkan api, lanjutnya, 2 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) Kota Bangun dikerahkan, termasuk 2 unit mobil Damkar milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar, serta 1 unit mobil tangki milik PT ITCI Manunggal.

"Bangunan rumah kosong yang terbakar tersebut terbuat dari kayu, sehingga api dengan cepat menjalar ke bangunan rumah warga lainnya," ujarnya lagi.

Kapolsek menyebutkan, si jago merah berhasil dikuasai sekitar pukul 14.50 Wita setelah petugas pemadam kebakaran bersama masyarakat setempat berupaya memadamkan api. 

"Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian materil diperkirakan mencapai kurang lebih Rp 2,5 milyar," ucapnya. (end)





















Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top