Peringatan HUT RI ke-71, Warga Ikut Upacara Bendera

Siswa SDN 025 Kelurahan Mangkurawang saat mengibarkan bendera pada peringatan HUT RI ke-71
Foto: Endi

Peringatan detik-detik proklamasi tak hanya di pusatkan di halaman kantor Bupati Kutai Kartanegara (Kukar). Upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 juga berlangsung di sejumlah tempat di Kecamatan Tenggarong, Rabu (17/08).

Seperti yang terlihat di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 025, RT 15, Jalan Long Apari, Kelurahan Mangkurawang, selain siswa siswi, upacara juga diikuti warga sekitar, murid taman kanak-kanak, dan perguruan pencak silat.

Uniknya warga yang hadir khususnya kaum ibu mengenakan kebaya, sedangkan murid TK memakai baju adat daerah. terlihat pula warga yang berprofesi sebagai petani membawa cangkul dan juga bakul.

Upacara pun berlangsung khidmat dan lancar, para siswa pengibar bendera merah putih mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Lurah Mangkurawang, Surianto, usai memimpin upacara, merasa bangga dan memberikan apresiasinya atas keikutsertaan warga yang tinggal di lingkungan sekitar sekolah.

"Saya sangat bangga mempunyai masyarakat yang ikut memperingati hari ulang tahun kemerdekaan kali ini," ujarnya.

Dikatakannya, meski antusiasme warga cukup tinggi, namun karena lapangan upacara tidak memadai, tidak semua masyarakat di lingkungan setempat bisa hadir mengikuti upacara tahun ini.

"Untuk kedepan kita akan melaksanakan peringatan 17 Agustus, tidak hanya dari murid, guru, tapi juga dari orang tua siswa dan masyarakat semuanya akan bergabung menjadi satu," ucapnya.

Kepada warga, Surianto berharap agar peringatan HUT kemerdekaan ini tidak hanya sekedar seremonial semata namun juga diisi dengan hal-hal yang positif.

"Mari kita isi pembangunan terutama di wilayah kelurahan Mangkurawang ini, karena pembangunan adalah untuk kelanjutan generasi muda kita di masa yang akan datang," tegasnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN 025, Hj Salawati MPd, mengatakan, kehadiran warga masyarakat yang ikut berpartisipasi mengikuti upacara bersama murid-muridnya patut di apresiasi.

"Keikutsertaan warga masyarakat dalam memperingatan HUT RI ini sesuai dengan visi dan misi sekolah, yaitu terjalinnya keharmonisan dan kerjasama stake holder sekolah dengan masyarakat setempat," terangnya.

Sedangkan salah satu warga, Suhaniah, mengaku senang bisa mengikuti upacara bendera, apalagi putrinya merupakan siswa di sekolah ini.

"Alhamdulillah setelah beberapa puluh tahun tidak pernah mengikuti upacara, akhirnya bisa ikut lagi, saya senang, apalagi anak saya, dia bangga liat orang tuanya ikut upacara," tuturnya. (end)

Sejumlah warga RT 15 Kelurahan Mangkurawang saat mengheningkan cipta pada upacara peringatan HUT RI
Foto: Endi

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top