Mahasiswa ISBI Kaltim Kuliah Perdana di Tenggarong

Kuliah perdana dan penayangan hasil pembelajaran mahasiswa ISBI Kaltim di gedung UPTD Museum Mulawarman
Foto: Endi

Kuliah perdana program studi di luar domisili (PDD) Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta rintisan Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Kaltim, berlangsung di gedung UPTD Museum Mulawarman, Tenggarong, Senin (05/09) pagi.

Rektor ISI Yogyakarta Prof Dr M Agus Burhan M Hum, mengatakan, ISI Yogyakarta pada tahun 2012 telah mendapatkan surat keputusan No 041/P/2012 dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk membantu proses pendirian ISBI di Kaltim.

"Surat keputusan tersebut kemudian didukung kerjasama antara ISI Yogyakarta dan Pemerintah Kalimantan Timur yang tertuang dalam perjanjian kerjasama pada tanggal 4 Juli 2012, dan setelah empat tahun pelaksanaan hasilnya mulai terlihat," ucapnya.

Pada tahun akademik 2015-2016, lanjutnya, mahasiswa program rintisan ISBI angkatan pertama yang belajar di ISI Yogyakarta beberapa diantaranya sudah menyelesaikan studi dan akan di wisuda pada bulan September 2016 ini.

"Sebagai transisi menuju ISBI Kaltim yang berdiri sendiri, pada tahun ajaran baru tahun akademik 2016/2017 yang akan dimulai bulan Sepetember tahun ini, ISI Yogyakarta melaksanakan pendidikan diluar domisili. Pada tahap ini proses belajar mengajar akan dilaksanakan di Tenggarong," terangnya.

Menurut Agus Burhan, terdapat 80 mahasiswa yang dinyatakan lolos tes penerimaan mahasiswa baru dan akan belajar di empat program studi, yakni program studi Tari, Etnomusikologi, Kriya, dan Televisi.

"Pelaksanaan pendidikan diluar domisili ini akan dimulai dengan kuliah perdana pada tanggal 5 September (hari ini, red)," tuturnya.

Kuliah perdana tersebut disampaikan Prof Dr Yudiaryani MA, dan ceramah oleh Direktur Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof Dr Endang Caturwati.

Sebelum kuliah perdana dimulai, terlebih dahulu ditampilkan pentas/pameran serta penayangan hasil pembelajaran mahasiswa ISBI di ISI Yogyakarta dari 4 program studi.

Hadir dalam acara ini, Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah, Gubernur Kaltim, H Awang Faroek Ishak, Wakil Rektor Universitas Mulawarman Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Ir Encik Akhmad Syaifudin MP, Seniman dan budayawan, serta tamu undangan. (end)













Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top