Sunggono Jabat Ketua DPK IKAPTK Kukar Periode 2016-2021

Sunggono, saat menyampaikan sambutan usai dilantik dan dikukuhkan sebagai Ketua DPK IKAPTK Kukar
Foto: Endi

Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Pengurus Kabupaten (DPK) Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) periode 2016 - 2021, berlangsung di Pendopo Odah Etam, Sabtu (26/11) pagi.

Ketua DPK IKAPTK Kukar Sunggono, mengatakan, keberadaan alumni sekolah tinggi kepamongprajaan di kabupaten ini sebelumnya telah terhimpun dalam kepengurusan Ikatan Alumni Pendidikan Pamong Praja (IKADIK PP) diketuai oleh Bambang Arwanto, yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BPMPD) Kukar.

Namun karena adanya dinamika organisasi, IKADIK PP dan dua organisasi lainnya yakni Forum Komunikasi Purna Praja (FKPP) dan Forum Komunikasi Alumni Institut Ilmu Pemerintahan (FKAIP) akhirnya dilebur menjadi satu.

"Maka ketiga organisasi tersebut lebur ke dalam satu naungan perhimpunan Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan atau IKAPTK yang terbentuk pada bulan Juni 2016 lalu," ujar pria yang menjabat sebagai Kabag Administrasi Pemerintahan Setkab Kukar ini.

Selaku Ketua DPK IKAPTK Kukar, Sunggono juga mengucapkan terima kasih kepada ketua IKADIK PP beserta pengurus lama yang telah memberikan dasar-dasar pembentukan organisasi kepamongprajaan di Kukar.

Terkait pembentukan DPK IKAPTK, Ketua DPP IKAPTK Kaltim AS Fathur Rahman, mengungkapkan, amanat untuk membentuk organisasi ini di tingkat provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia didasarkan kepada surat keputusan Mendagri tanggal 16 Februari 2011.

"Pelantikan dan Pengukuhan IKAPTK Kutai Kartanegara merupakan kepengurusan kabupaten/kota ke enam yang telah dilantik," terangnya. 

Fathur Rahman berharap, dengan terbentuknya IKAPTK Kutai Kartanegara dan tersusunnya kepengurusan yang sudah dilantik dan dikukuhkan, diharapkan dapat secara efektif menjalankan roda organisasi.

"Sehingga para alumni di Kukar dapat terbina, serta makin tumbuh rasa tanggung jawab dan tumbuh etos sosial yang tinggi, yang pada gilirannya dapat meningkatkan peran nyata dalam menyelenggarakan pemerintahan di daerah," tuturnya.

Sementara Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah saat membacakan sambutan Bupati Rita Widyasari, menghimbau kepada seluruh anggota IKAPTK yang masih aktif bekerja di lingkungan Pemkab Kukar bisa menjadi teladan dalam melaksanakan tugasnya dan dapat saling membantu sesama aparatur sipil negara tanpa melihat latar belakang apapun.

"Selamat kepada pengurus yang baru dilantik, sebagai organisasi sosial dan kemasyarakatan, IKAPTK Kukar diharapkan bisa menjaga kekompakan, serta memberikan contoh dan teladan sebagai seorang aparatur yang telah menjalani pendidikan khusus tentang Ilmu pemerintahan," ucapnya.

Anggota IKAPTK Kukar, kata Edi, harus mengamalkan hal positif yang telah didapatkan dan terus meningkatkan kompetensi serta kemampuan kerja untuk membantu pemkab Kukar guna mengimplementasikan ilmu pemerintahan yang telah diperoleh selama pendidikan dalam menjalankan Visi dan Misi Gerbang Raja Ke-II.

"Saya mengharapkan agar kiranya pengurus IKAPTK Kukar yang baru saja dilantik dan dikukuhkan dapat optimal melaksanakan tugas menjalankan organisasi untuk kemajuan Kabupaten Kutai Kartanegara," pintanya.

Usai pelantikan dan pengukuhan, acara yang dihadiri sesepuh alumni sekolah kepamongprajaan tersebut dilanjutkan dengan peresmian Sekretariat DPK IKAPTK Kukar dikawasan jalan Arwana Blok C, Tenggarong. (end)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top