Tim Sapu Bersih Pungutan Liar Terbentuk, Siap Berantas Pungli di Kukar

Rapat pembentukan Tim Sapu Bersih Pungutan Liar dipimpin oleh Wakapolres Kukar Kompol Andre Anas
Foto: Humas Polres Kukar

Rapat koordinasi pembentukan Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) berlangsung Kamis (24/11) kemarin, di ruang rapat kantor Inspektorat Kukar. Rapat ini dipimpin oleh Wakapolres Kukar Kompol Andre Anas.

Rapat tersebut dilaksanakan sesuai dengan instruksi Presiden Republik Indonesia melalui Menteri Dalam Negeri Nomor 180/3935/SJ tentang pengawasan pungutan liar dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

Rapat yang dihadiri instansi terkait seperti TNI, Polri, Kejaksaan, Pengadilan Negeri Tenggarong dan Pemkab Kukar ini bertujuan untuk membentuk dan menyusun personil satuan tugas Saber Pungli Kabupaten Kukar dengan penanggung jawab yakni Bupati Rita WIdyasari.

Wakapolres Kukar Kompol Andre Anas, mengatakan, pembentukan tim bertujuan menimbang tentang praktek pungutan liar yang telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sehingga perlu upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, dan mampu menimbulkan efek jera.

"Kita lihat diluar sana masih banyak yang melakukan pungli, baik di pemerintahan maupun instansi lainnya, untuk itu pembentukan tim ini bertujuan untuk menindak tindakan yang sangat merugikan pemerintah, diri sendiri, dan orang lain," ucapnya.

Tim Saber Pungli, lanjut Andre, berkedudukan di Polres Kutai Kartanegara dan akan mulai bekerja setelah menerima SK (Surat Keputusan) yang telah ditanda tangani oleh Bupati Kukar.

"Kita masih menunggu SK yang akan ditandatangani oleh Ibu Bupati Kukar, kemudian meminta langsung Bupati untuk melantik dan dilanjutkan dengan rapat kerja," bebernya.

Ditambahkan Wakapolres, anggaran Tim Saber Pungli, masuk dalam APBD Tahun 2017 dengan nominal yang masih belum diketahui. Sedangkan untuk pelaksanaan tugas, tim ini senantiasa berpedoman pada ketentuan peraturan perundang –undangan.

"Dalam tugas ini kita harus berpedoman pada perundangan-undangan yang berlaku dan bertanggung jawab kepada Bupati kukar, doakan kita semoga kabupaten Kutai Kartanegara akan bersih dari pungli," demikian disampaikannya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top