100 Peserta Ikuti Bimtek Penyusunan Master Plan Smart Regency

Sebanyak 100 orang peserta mengikuti Bimtek penyusunan master plan smart regency di Tenggarong
Foto: Endi

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, telah menetapkan Kutai Kartanegara (Kukar) masuk dalam 25 Kabupaten/Kota pada program gerakan 100 Kabupaten/Kota menuju Smart City.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah, saat membuka bimbingan teknis (Bimtek) pendampingan penyusunan master plan smart regency, Senin (31/07) di Pendopo Bupati odah Etam, Tenggarong.

Wabup mengatakan, beberapa kerjasama telah dilakukan dalam upaya untuk menuju Kabupaten Kukar sebagai Kabupaten Cerdas (Kukar Move On To Smart Regency). 

“Pengelolaan dan pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Kutai Kartanegara telah dilakukan beberapa kerjasama,” ujarnya membacakan sambutan tertulis Bupati Rita Widyasari.

Kerjasama tersebut antara lain dengan Universitas Mulawarman Samarinda dalam hal pengembangan SDM, dengan Kementerian Kominfo RI dalam hal Implementasi dan pengembangan aplikasi dan informatika.

Serta hibah 19 Perangkat Komputer beserta fasiltas penunjang lainnya kepada Komunitas Kreatif di Kecamatan Sanga-Sanga, dengan PT Telkom Indonesia wilayah Kaltim Tengah terkait dengan implementasi Kutai Kartanegara Digital Society.

“CSR berupa fasilitas Free Wifi Corner, dan Perpustakaan Digital di Sanga-Sanga, serta dengan Lembaga Sandi Negara untuk keamanan Informasi,” kata Wabup.

Wabup Kukar bersama Kadis Kominfo dan Ketua Tim Pembimbingan Penyusunan Master Plan Smart Regency
Foto: Endi

Untuk mewujudkan cita-cita menjadi Kabupaten Cerdas (Smart Regency) dalam segala aspek pelayanan, sambung Edi, pemkab Kukar tidak dapat bekerja sendiri. 

“Untuk itu kami membuka kesempatan kepada semua pihak agar dapat bekerjasama dalam mewujudkan cita-cita tersebut,” cetusnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kukar, H Bahteramsyah, menyebutkan, peserta kegiatan Bimtek penyusunan master plan smart regency sebanyak 100 orang, 

"Terdiri dari Dewan Smart Regency sebanyak 50 orang, yang anggotanya seluruh Kepala OPD, tidak termasuk OPD Kecamatan, dan 28 orang dari tim pelaksana Smart Regency, selebihnya dari unsur FKPD, perbankan, operator pihak telekomunikasi, pihak media cetak dan online," ucapnya.

Dikatakan Bahteramsyah, Kementrian Kominfo juga menugaskan Bari Simorangkir selaku Ketua Tim Pembimbing Penyusunan Masterplan Smart Regency Kukar. 

"Sesuai dengan nota kesepahaman yang telah ditandatangani oleh Dirjen Aptika Kementrian Kominfo dengan pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara, yang direncanakan sebanyak 4 kali bimbingan teknis," bebernya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top