Jelang Pilgub 2018, Panwascam Se-Kukar Dilantik

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pengawas kecamatan se-Kukar di hotel Grand Elty Singgasana
Foto: M Shallyndra

Jelang pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Se-kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) diambil sumpah jabatannya dan dilantik di Ballroom Mulawarman, hotel Grand Elty Singgasana, Rabu (18/10).

Ketua Panwaslu Kukar, Muhammad Rahman, mengatakan, sebagian besar anggota Panwascam dari 18 kecamatan merupakan wajah-wajah baru yang dipilih melalui seleksi, penjaringan, dan penyaringan ketat. 

“Alhamdulillah kita sudah melaksanakan pelantikan dan saya berharap setelah dilantik ini kawan-kawan sudah mempunyai tugas yang akan dilakukan, terutama pemutakhiran data pemilih,” ujarnya.

Selanjutnya, nantinya juga akan ada rekrutmen Panitia Pemilih Lapangan atau PPL di tingkat kelurahan.

“Kawan-kawan yang dilantik juga bertugas mengawasi seleksi dari penyelenggara di KPU, seleksi PPK dan PPS di tingkat kecamatan serta tingkat desa,” beber Rahman.

Dengan dilantiknya Panwascam ini, dirinya berharap agar pekerjaan tersebut tidak dianggap remeh, karena selaku pengawas dituntut tanggung jawab dan mampu menghadapi tantangan. 

“Harapan kami kedepan, kawan-kawan dari Panwascam selalu menjaga integritas, kemandirian diri dalam melakukan pengawasan secara jujur dan adil, tidak mementingkan kelompok ataupun golongan. Tugas kita mengawal demokrasi sesuai dengan amanah Undang-undang,” tegas Rahman.

Ditambahkannya, total ada 54 anggota Panwascam yang dilantik, yakni 3 orang Panwas untuk masing-masing kecamatan.

Sementara Plt Bupati Kukar Edi Damansyah didamping Sekda H Marli, menyatakan, pelantikan ini menandakan jika struktur komponen penyelenggara Pilgub 2018 dan Pilpres 2019 telah terbentuk dengan baik di Kukar.

“Kita berharap pelantikan ini tidak hanya sebagai kelengkapan organisasi dan kelengkapan administrasi, tapi juga betul-betul bisa melaksanakan tugas dengan baik," imbuhnya.

Dengan demikian, Edi berharap integritas dan komitmen anggota Panwascam terjaga dengan baik. “Kita ingin demokrasi di Kutai Kartanegara berkualitas, dan masyarakat turut serta ambil bagian didalam pelaksaannya,” cetusnya.

Karenanya, pria yang sebelumnya menjabat Wakil Bupati Kukar ini meminta agar Panwascam bisa melaksanakan tugasnya dengan baik, dan masyarakat bisa berperan aktif melakukan pengawasan secara independen.

“Mari bersama-sama kita menjaga kondusifitas Kutai Kartanegara, sehingga pelaksanaan dan proses tahapan khususnya pada Pemilihan Gubernur tahun 2018 bisa berjalan dengan baik,” tutupnya. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top