Sultan HAM Salehoeddin II Dikunjungi Presiden CIOFF Dunia Philippe Beaussant

Presiden CIOFF dunia Philippe Beaussant memberikan cinderamata kepada Sultan HAM Salehoeddin II
Foto: Endi

Dijamu dalam suasana penuh kehangatan, Presiden CIOFF dunia Philippe Beaussant merasa senang bisa bertemu dengan Sultan Haji Adji Mohammad (HAM) Salehoeddin II di kedaton kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Sabtu (21/10) siang.

Philippe Beaussant beserta rombongan pun disuguhi tarian khas Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Tak lupa Sultan HAM Salehoeddin II juga memberikan cinderamata kepada Presiden CIOFF tersebut.

“Saya merasa senang bisa hadir disini, karena sosok Sultan bukan sekedar Raja biasa, tetapi beliau punya aura yang berbeda. Dan saya merasa seperti cucu Sultan karena seperti kakek saya sendiri,” ujarnya didampingi Kadis Pariwisata Kukar Sri Wahyuni.

Bagi CIOFF, kata Beaussant, pertemuan dengan Sultan Kutai beserta Putera Mahkota HAP Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat dan kerabatnya merupakan momen yang sangat penting. 

“Selain karena Tenggarong punya CIOFF festival, tapi kongres ini juga pertama kali dilaksanakan dan kami baru pertama kali datang kesini,” ungkapnya.

Dikatakannya, pada kongres yang akan berlangsung di gedung Puteri Karang Melenu (PKM) Tenggarong Seberang, nantinya ada sekitar 50 negara dengan 120 peserta yang akan mengikuti kongres tahunan CIOFF.

“Sebelumnya ada pertemuan-pertemuan kecil, ada komite eksekutif, council, ada pertemuan pra sidang, tapi sidang umumnya 3 hari,” beber Beaussant.

Philippe Beaussant menyebutkan, tahun ini pula bertepatan dengan 4 tahun pemilihan Presiden CIOFF dunia. 

“Termasuk pimpinan masing-masing dewan. Jadi setelah pemilihan Presiden CIOFF 4 tahun lalu di Meksiko, kini di Kutai Kartanegara,” tuturnya.

Sementara Kadis Pariwisata Kukar, Sri Wahyuni, menyebutkan, dalam pertemuan bersama Sultan HAM Salehoeddin II, Presieden CIOFF Philippe Beaussant didampingi para Eksekutif komite 

“Yang hadir ini Wakil Presiden bidang administrasi Nobert Mueller, Wakil Presiden Bidang Budaya Alejandro Camacho Gonzalez, Sekretaris Jendral Olga Maloney dan Bendahara CIOFF,” imbuhnya.

Kunjungan ini, sambung Sri, merupakan rangkaian dari pelaksanaan kongres dunia CIOFF ke-47 yang berlangsung di Tenggarong mulai 20 hingga 29 Oktober 2017 mendatang. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top