Penghuni Rumah Tahanan Mapolres Kukar Dibekali Ilmu Agama

Para tahanan di Rutan Mapolres Kukar mendengarkan tausiyah yang disampaikan ustadz H Abdul Majid
Foto: Humas Polres Kukar

Aparat penegak hukum dari jajaran Polres Kukar tak henti-hentinya mengajak para penghuni rumah tahanan (Rutan) untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT, baik dengan beribadah maupun mendengarkan tausiyah.

Hal itu terlihat saat Bhabinkamtibmas Desa Bukit Raya dan Desa Tanjung Batu Polsek Tenggarong Seberang, Aipda Edi Subagyo, melaksanakan dakwah di Rutan Mapolres Kukar dengan menghadirkan penceramah, ustadz H Abdul Majid, ‎Kamis (28/12) pagi tadi.

Ustadz H Abdul Majid dalam tausiyahnya mengingatkan, proses hukum yang sedang dijalani merupakan bentuk kasih sayang Allah SWT untuk mengingatkan akan perbuatan yang salah, oleh karenanya para tahanan harus ikhlas menjalaninya. 

Hal yang dapat dilakukan, lanjutnya, adalah terus mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan tidak meninggalkan salat lima waktu dan mengingkatkan ibadah lainnya.

"Akan lebih baik bila waktu yang ada selama di tahanan digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jangan meninggalkan salat, mengaji dan berzikir," kata Ustad H Abdul Majid.

Puluhan tahanan pun menyambut antusias serta menyimak dakwah yang disampaikan. Mereka juga diajak bersama-sama menjaga situasi kamtibmas baik di dalam tahanan maupun ketika kembali ke lingkungan masyarakat kelak.

"Jangan henti-hentinya untuk selalu bertaubat memohon ampunan dari Allah SWT, dan ketika kembali ke masyarakat, sama-sama jaga situasi Kamtibmas," himbau Ustadz H Abdul Majid.

Sementara Kapolsek Tenggarong Seberang AKP Supriyadi melalui Bhabinkamtibmas Aipda Edi Subagyo‎, mengatakan, tujuan dari program dakwah kamtibmas ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi, baik antar sesama tahanan maupun dengan para petugas di lingkungan Mapolres Kukar. 

Selain itu, sambungnya, petugas juga merasa bertanggung jawab untuk mempersiapkan mental dan spiritual para tahanan agar ketika kembali ke masyarakat sudah siap menjadi pribadi yang baik.

"Setidaknya ketika kembali ke masyarakat, mereka memiliki bekal ibadah dan pengetahuan agama yang baik," ujar Aipda Edi Subagyo

Untuk diketahui, kegiatan tausiyah ini merupakan rangkaian program Dakwah Kamtibmas yang dicanangkan oleh Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar. (end)

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top